Gas Etilen

Berbeda dengan asam abisat, Gas jenis etilen adalah suatu gas yang dihasilkan oleh buah yang sudah tua sehingga buah menjadi matang. Jika buah tua yang masih berwarna hijau disimpan dalam tempat tertutup dan dibiarkan beberapa hari, akhirnya menjadi matang dan berwarna kuning sampai merah. Dalam hal ini terjadi perubahan warna dari hijau menjadi kuning sampai merah pada buah karena keluarnya etilen dari buah tersebut.

Gas etilen berperan penting pada pematangan buah seperti pada Gambar buah mangga yang matang iniSalah satu cara mencegah terjadinya pembusukan atau kerusakan pada saat pemeraman buah adalah pada saat buah tua dipetik/dipanen masih berwarna hijau, kemudian dikemas atau disimpan pada tempat yang berventilasi untuk mencegah buah tidak cepat masak/matang, sehingga sesampainya di tempat tujuan buah tersebut baru matang dan tidak rusak atau busuk.

Fungsi etilen adalah menyebabkan buah menjadi masak, menyebabkan pertumbuhan batang menjadi kokoh dan tebal, dapat memacu pembungaan, yang bekerja bersamaan dengan auksin dan bersama giberelin dapat mengatur perbandingan bunga betina dan jantan pada tumbuhan berumah satu.

Kegunaan etilen

Kegunaan Gas bentuk etilen sendiri biasanya sering digunakan atau dimanfaatkan oleh importir dan distributor buah-buahan. Biasanya buah-buahan ini masih dalam kondisi mentah sebelum dikirim ke pedagang buah-buahan. Ketika sampai di pedagang buah tersebut, buah-buahan yang masih mentah ini kemudian akan di peram sehingga buah akan menghasilkan gas etilan dan berubah menjadi matang. Beberapa contoh kegunaan etilen yang lainnya yaitu:



  • etilen berfungsi mengakhiri masa berhenti tumbuh karena kondisi lingkungan tertentu atau yang biasa dikenal dengan masa dormasi
  • pada bagian akar tanaman dan batang tanaman, etilen berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan
  • etilen juga berfungsi dalam pembentukan akar adventif
  • pada daun dan buah, etilen berfungsi sebagai perangsang absisi
  • gas jenis etilen juga berguna dalam merangsang induksi bunga bromiliad
  • pada bunga, gas jenis etilen berfungsi untuk induksi kelamin betina
  • gas jenis etilen juga berfungsi sebagai perangsang bunga untuk mekar


Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kolom diskusi ini maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah dengan bijak.