9/19/2012

Pertumbuhan Pada Ujung Akar

Setelah proses perkecambahan, akan terbentuk tanaman muda dan pertumbuhan selanjutnya akan ditentukan oleh aktivitas dari jaringan meristem yang terdapat pada titik tumbuh. Jaringan meristem primer ini terdapat pada ujung akar dan ujung batang yang sangat memungkinkan bertambah tinggi atau panjangnya tanaman.

Di bagian manakah pada akar dan batang yang memiliki pertumbuhan paling cepat? Agar lebih jelas mengetahui hal itu, lakukan percobaan berikut:

Tujuan : Mengetahui pertumbuhan yang paling cepat pada akar dan batang.
Alat dan Bahan : 1. Biji kacang hijau yang tua
                             2. Biji kacang panjang yang tua
                             3. Air secukupnya
                             4. Cawan petri atau piring 2 buah
                             5. Tinta atau spidol
Cara Kerja :
1. Rendamlah biji kacang hijau dan biji kacang panjang di dalam cawan atau piring selama 30 menit.
2. Kemudian buanglah air rendaman dan diamkan beberapa hari sampai masing-masing biji tersebut tumbuh berkecambah.
3. Pada masing-masing akar kecambah digaris/ditandai tinta atau spidol dengan skala (mm) ukuran yang sama sebanyak 5 tanda.
4. Kemudian biarkan tumbuh beberapa hari di dalam cawan atau piring.
5. Amati tanda di masing-masing akar dan bandingkanlah di antara kedua macam akar tersebut. Buatlah kesimpulan dari pengamatan Anda.
Dari percobaan diatas terlihat, pada masing-masing bagian ujung akar yang digaris atau ditandai dengan skala (mm) ukuran sama, setelah beberapa hari ditumbuhkan dan berkecambah ternyata jarak antara garis atau tanda tinta satu dengan yang lainnya makin berjauhan. Hal ini menunjukkan bahwa pada bagian akar kecambah kacang hijau dan kacang panjang mengalami pertumbuhan yaitu bertambah panjang atau tinggi. Kecepatan pertumbuhan dari berbagai bagian akar ternyata tidak sama.

kecepatan pertumbuhan pada bagian akar
Bagian yang paling cepat tumbuh terletak pada daerah bagian belakang ujung akar, karena pada bagian ujung akar tersebut terdapat tiga macam daerah titik tumbuh yaitu daerah pembelahan, daerah pemanjangan, dan daerah diferensiasi. Semakin jauh dari ujung akar maka pertumbuhannya akan semakin lambat, seperti tampak pada Gambar diatas.

Sayatan memanjang ujung akar
Pada Gambar syatan ujung akar terlihat terdapat daerah pembelahan sel, daerah ini terdapat di bagian ujung. Selsel pada daerah ini aktif membelah dan sifatnya tetap meristematik. Di belakang daerah pembelahan merupakan daerah yang tiap selnya memiliki aktivitas untuk membesar dan memanjang, daerah ini dinamakan daerah pemanjangan sel.

Setelah sel-selnya membelah dan memanjang maka sel-selnya akan terdiferensiasi menjadi sel-sel yang memiliki struktur dan fungsi yang khusus. Daerah ini disebut sebagai daerah diferensiasi. Kemudian sel-sel di belakang titik tumbuh akan membentang dan terdiferensiasi menjadi jaringan-jaringan akar, yaitu epidermis, korteks, endodermis, dan silinder pusat.

Tidak ada komentar: