Arus Kegiatan Ekonomi antara RTK dan RTP

di Diposkan oleh
Dalam kegiatan ekonomi masyarakat, produsen dianggap sebagai rumah tangga produksi dan konsumen dianggap sebagai rumah tangga konsumsi. Rumah tangga produksi dalam menghasilkan barang selalu mempergunakan faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh rumah tangga konsumsi, dan rumah tangga konsumsi akan memperoleh kompensasi atau imbalan atas penggunaan faktor produksi tersebut.

Berdasarkan uraian di atas, maka aktivitas ekonomi sebagaimana dikemukakan oleh Francois Quesney (1694-1774) dalam bukunya yang berjudul “Tableua Economique”, yang disebut sebagai “the Circular Flow of Economic Activity” atau arus lingkaran kegiatan ekonomi meliputi arus barang dan arus uang.

Hubungan antara rumah tangga produksi dengan rumah tangga konsumsi dalam kegiatan ekonomi dapat digambarkan sebagai berikut.

Diagram arus kegiatan ekonomi.
Diagram arus kegiatan ekonomi.
Berdasarkan diagram pada Gambar diatas dapat diuraikan sebagai berikut

a. Aliran arus barang
Semula rumah tangga konsumsi memiliki faktor produksi, digunakan oleh rumah tangga produksi sehingga dihasilkan berupa barang dan barang tersebut diperdagangkan atau dijual kepada rumah tangga produksi.

b. Aliran arus uang
Dari barang yang dihasilkan oleh rumah tangga produksi akan dijual kepada rumah tangga konsumsi, sehingga rumah tangga produksi memperoleh penghasilan atas penjualan barang tersebut. Dan hasil penjualan barang tersebut diberikan atau dibayarkan kepada para pemilik faktor produksi atau rumah tangga konsumsi yang berupa sewa, upah dan gaji, bunga, laba.

c. Aliran pasar faktor produksi/pasar input
Adanya hubungan antara penggunaan faktor produksi dan pendapatan yang diterima pemilik faktor produksi disebutt sebagai pasar atau tempat ditawarkannya faktor produksi.

d. Aliran pasar hasil produksi/pasar barang

Dengan dihasilkannya barang oleh rumah tangga produksi, maka barang tersebut dijual kepada konsumen sehingga diperoleh hasil berupa uang. Aliran ini disebut sebagai pasar atau tempat ditawarkannya barang hasil produksi.

Wawasan Ekonomi
Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh suatu masyarakat atau bangsa akan melibatkan berbagai pihak. Dan pihak-pihak tersebut sangat berperan, di antaranya RTK, RTP, RT, pemerintah, lembaga keuangan, dan masyarakat luar negeri.