Mars

di Diposkan oleh
Planet Mars
Planet Mars
Planet Mars dikenal dalam bahasa Arab sebagai Marikh, sedangkan dalam bahasa Sanskerta disebut Anggoro. Dilihat dengan mata telanjang (tanpa teropong) maupun dengan teropong, Mars tampak berwarna merah. Mars oleh bangsa Yunani kuno dianggap sebagai dewa perang, sedangkan orang Jawa menyebutnya Lintang Joko Belek. 

Mars berukuran jauh lebih kecil daripada bumi. Rata-rata diameternya 6.780 km, lebih sedikit dari 1/2 garis tengah bumi. Volumenya hanya sekitar 1/7 dari volume Bumi. Perbandingan massa Mars dengan massa bumi adalah 11:110. Perbandingan kepadatan Mars dengan kepadatan bumi adalah 70:100. Jumlah cahaya dan panas yang diterima Mars dari matahari pada tiap-tiap permukaannya, adalah kurang dari 1/2 yang diterima oleh bumi.

Jarak rata-rata Mars dari matahari adalah sekitar 228.000.000 km. Mars menyelesaikan orbitnya mengelilingi matahari dalam 687 hari, berjalan sepanjang lintasannya pada kecepatan rata-rata 24 km per detik. Panjang hari di planet Mars adalah 24 jam 37 menit 23 detik.

Mars mempunyai bentuk permukaan yang mirip dengan bumi. Mars mempunyai berbagai gunung tinggi, plato, gunung berapi raksasa, kawah-kawah dengan garis tengah berkilo-kilometer, dataran luas, lembah, karang curam, punggung bukit bergerigi, jurang yang lebih dalam daripada Grand Canyon di AS, dan bukit pasir.

Secara kimiawi, atmosfer Mars sangat berbeda dari udara bumi. Di sana hanya ada sedikit sekali lapisan oksigen, nitrogen, dan uap air dalam atmosfer. Karbon dioksida merupakan gas utama yang ada di Mars. Suatu massa besar hidrogen juga mengelilingi planet itu. Hal penting yang paling menarik dan membingungkan tentang atmosfer Mars adalah topan debu luar biasa yang secara periodik menyapu seluruh planet itu.

Mars mempunyai dua buah satelit yang ditemukan pada tahun 1877 oleh ahli astronomi Amerika, Asaph Hall. Ia menamainya Deimos (terror) dan Phobos (rasa takut). Kedua satelit tersebut bentuknya tidak teratur dan sangat kecil. Deimos, satelit luar berukuran sekitar 9 sampai 11 km. Fobos, satelit dalam berukuran sekitar 16 sampai 22 km. Foto-foto memperlihatkannya sebagai benda-benda gelap dan penuh karang, berlubang-lubang dengan kawah, dan menyerupai asteroid.