1/27/2013

Pola Hidup Hemat dalam Perilaku Konsumen

Setiap hari kita selalu dituntut untuk memenuhi kebutuhan hidup. Penghasilan yang kita terima dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Seluruh pendapatan yang diperoleh akan dikeluarkan untuk mencukupi kebutuhan, baik untuk konsumsi dan produksi maupun ditabung. Karena jumlah kebutuhan konsumen tidak terbatas, maka sebaiknya disusun skala prioritas kebutuhan atau daftar urutan kebutuhan, agar pendapatan yang dimiliki dapat digunakan sesuai dengan urutan kepentingannya.

Adapun hubungan antara pendapatan dengan konsumsi adalah berbanding terbalik seperti yang dikemukakan oleh sarjana ekonomi Jerman bernama Engel yang terkenal dengan Hukum Engel, berbunyi “Semakin besar pendapatan, semakin kecil bagian pendapatan yang digunakan untuk konsumsi, dan sebaliknya”.

Berdasarkan Hukum Engel, maka kamu perlu berperilaku hidup hemat dengan cara menyusun anggaran, sehingga antara besarnya penerimaan dan pengeluaran selalu seimbang.

Wawasan Ekonomi
Seseorang yang mempunyai pendapatan, 80%-nya digunakan untuk konsumsi, tetapi pada saat pendapatan meningkat 100%, maka persentase yang digunakan untuk konsumsi menjadi 50%. Hal ini menunjukkan berlakunya Hukum Engel.

Tidak ada komentar: