2/25/2013

Pengurangan

Misalkan kamu mempunyai sepuluh buah apel. Sebanyak dua buah apel kamu berikan kepada salah seorang temanmu. Berapakah sisa apel yang kamu miliki? Dengan mudah kamu akan menjawab sisa apel sebanyak = 10 – 2 = 8. Dalam matematika proses ini dinamakan pengurangan. Bentuk operasi pengurangan 10 – 2 dapat dihitung dengan cara menyusun ke bawah sebagai berikut:

10
2
— -
8

Sifat-Sifat Pengurangan Bilangan Bulat
1) Lawan suatu bilangan
Jika kalian perhatikan, ternyata himpunan bilangan bulat terdiri atas bilangan-bilangan yang berpasang-pasangan (seperti 5 dan –5, 2 dan –2, dan lain sebagainya). Bilangan –5 dikatakan lawan dari 5 dan bilangan 5 pun merupakan lawan dari –5. Secara umum jika a adalah suatu bilangan bulat maka –a merupakan lawan dari bilangan a. Jarak a dan –a dari titik 0 adalah sama namun arahnya berbeda.

Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa jika a adalah bilangan positif, maka –a adalah bilangan negatif. Jika b adalah bilangan negatif maka –b adalah bilangan positif. Perhatikan penjelasan berikut ini.

Jika a = 5 (bilangan positif) maka –a = –5 (bilangan negatif).
Jika b = –8 (bilangan negatif) maka –b = –(–8) = 8 (bilangan positif).

Contoh: 
2 – (–3) = 2 + 3 = 5
–2 – (–3) = –2 + 3 = 1
–2 – 3 = –5

Garis bilangan
Garis bilangan
2) Tanda kurung
Kita telah mempelajari operasi penjumlahan dan pengurangan secara terpisah pada bagian sebelumnya. Apabila kedua operasi tersebut digabungkan bagaimana cara mengerjakannya? Perhatikan contoh berikut.

Lakukan operasi pengurangan 27 – 12 terlebih dahulu mendapatkan hasil 15. Selanjutnya hasil 15 dijumlahkan dengan bilangan berikutnya (yaitu 52) mendapatkan hasil 67. Kemudian hasil 67 dikurangi dengan bilangan berikutnya (yaitu 42) mendapatkan hasil 25. Dengan demikian, hasil akhir operasi perhitungan di atas adalah 25. Dari contoh ini, dapatkah kamu mengambil sebuah kesimpulan?

Jika pada operasi gabungan penjumlahan dan pengurangan terdapat tanda kurung, pengerjaan operasi penjumlahan dan pengurangan itu tetap dikerjakan dari kiri kekanan dan operasi di dalam tanda kurung dikerjakan terlebih dahulu.





Contoh Soal:

1. Hitunglah soal berikut.
25 – 34 – [42 – (63 – 51)]
2. Hitunglah soal berikut.
16 – [(24 + 5) – 19] + 12

Tidak ada komentar: