3/12/2013

Pengertian Perbandingan Berbalik Harga

Kalian tentu pernah bepergian dari satu kota ke kota yang lain, bukan? Ketika bepergian tersedia banyak pilihan alat transportasi yang dapat kalian gunakan seperti sepeda, sepeda motor, mobil, bus, dan kendaraan-kendaraan lainnya. Pada saat kalian mengendarai mobil, semakin tinggi kecepatan mobil, tentu waktu yang kalian butuhkan untuk sampai ke daerah tujuan semakin sedikit. Keadaan demikian kita sebut perbandingan berbalik harga. Untuk dapat memahami masalah ini, perhatikan Tabel di bawah ini.

Perbandingan kecepatan kendaraan terhadap waktu tempuh perjalanan.
Perbandingan kecepatan kendaraan terhadap
waktu tempuh perjalanan.

Pada tabel tersebut ada dua tanda panah yang saling berlawanan. Pada saat kecepatan semakin berkurang maka waktu tempuh yang diperlukan semakin lama. Sebaliknya, jika kecepatan semakin bertambah maka waktu yang dibutuhkan semakin sedikit. Keadaan seperti ini merupakan ciri dari perbandingan berbalik harga.

Dari Tabel perbandingan berbalik harga dapat dinyatakan sebagai berikut.
Ternyata hasil kali kecepatan dan waktu dari setiap baris nilainya sama. Untuk kecepatan a1 memerlukan waktu b1, dan untuk kecepatan a2 memerlukan waktu b2. Dengan demikian, bentuk umumnya adalah sebagai berikut.

Tidak ada komentar: