Pengertian Perbandingan Seharga

di Diposkan oleh
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering berhubungan dengan aktivitas jual-beli seperti misalnya membeli buku. Pernahkah kalian pergi ke toko buku? Pada saat membeli buku, semakin banyak buku yang kita beli semakin banyak pula uang yang kita keluarkan. Perhatikan tabel yang berisi banyaknya buku dan harga buku di bawah ini.

Perbandingan banyaknya buku dengan harga buku.
Perbandingan banyaknya buku dengan harga
buku.


Pada Tabel terlihat harga untuk 5 buah buku adalah Rp15.000,00. Selanjutnya, untuk masing-masing 10, 15, 20, dan 25 buku berturut-turut Rp30.000,00; Rp45.000,00; Rp60.000,00; dan Rp75.000,00.

Dari Tabel diatas coba kalian bandingkan banyaknya buku pada baris pertama dan baris kedua. Berapa hasil perbandingannya? Lalu dengan cara yang sama, coba kalian bandingkan pula harga buku pada baris pertama dan baris kedua. Berapakah hasil perbandingannya? Berdasarkan kegiatan perbandingan yang kalian lakukan pada tabel harga dan banyaknya buku tersebut, hal apa yang dapat kalian simpulkan?

Dari tabel tersebut dapat dilihat bahwa semakin banyak buku yang dibeli semakin besar biaya yang harus dibayar. Berdasarkan kegiatan di atas ternyata perbandingan banyaknya buku dan perbandingan harga buku memberikan nilai yang sama. Perbandingan seperti ini dikenal dengan perbandingan seharga. Dengan memisalkan harga a1 buku adalah b1 dan harga a2 buku adalah b2, maka perbandingan seharga dapat dirumuskan sebagai berikut.

atau dapat dinyatakan dengan