Pengertian Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

irmawan hadi saputra | 3/06/2013 01:52:00 AM | 0 comments

Pengertian Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
Setelah mengetahui bentuk persamaan linear dan prinsip ketidaksamaan dalam matematika, kini kita akan belajar bentuk pertidaksamaan linear satu variabel.

Kalian telah mengetahui konsep ketidaksamaan pada pembahasan sebelumnya. Jika tanda hubung (=) pada persamaan linear satu variabel kita ganti dengan salah satu tanda ketidaksamaan (bisa <, >, ≤, atau ≥) maka bentuknya menjadi pertidaksamaan linear satu variabel.

Pertidaksamaan linear satu variabel adalah kalimat matematika yang menggunakan tanda ketidaksamaan dan variabelnya berpangkat satu.

Berikut ini diberikan beberapa pertidaksamaan.
a. x + 3 < 2       c. x + y > 5
b. x2 + 5 > 3     d. 6 + x2 > x

Dengan memahami definisi pertidaksamaan linear satu variabel, maka dari beberapa contoh pertidaksamaan linear di atas kita dapat menentukan manakah yang merupakan pertidaksamaan linear satu variabel atau bukan.

  • Pertidaksamaan a adalah pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV).
  • Pertidaksamaan b bukan pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV), karena variabelnya pangkat 2 (kuadrat).
  • Pertidaksamaan c bukan pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV), karena ada 2 variabel (x & y).
  • Pertidaksamaan d bukan pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV), karena variabelnya ada yang berpangkat 2 dan ada yang berpangkat 1.

Category:

About Plengdut:
Plengdut.com adalah Situs Pustaka Online bagi anak-anak di Indonesia, disini bisa teman-teman Temukan Ribuan Materi Belajar Online yang bisa membantu teman-teman dalam kegiatan belajar mengajar.

0 comments