Pengertian trapesium adalah segi empat yang mempunyai sepasang sisi berhadapan dan sejajar. Jika ada dua garis sejajar dan dipotong oleh dua buah garis yang tidak sejajar maka daerah yang dibatasi oleh keempat garis potong itu adalah trapesium.

Pada Gambar dibawah ini, garis sejajar a dan b dipotong oleh garis c dan d. Titik-titik potongnya adalah A, B, C, dan D. Daerah yang dibatasi oleh AB, BC, CD, dan DA disebut trapesium. Trapesium dapat dibedakan menurut sisi dan sudutnya yaitu trapesium sembarang, sama kaki, dan siku-siku.

Trapesium ABCD
Trapesium ABCD

a. Pengertian Trapesium Sembarang

Trapesium sembarang adalah trapesium yang memiliki sisi-sisi yang tidak sama panjang. Perhatikanlah Gambar jenis-jenis trapesium (a), ABCD adalah trapesium sembarang dengan AB ≠ CD ≠ BC ≠ AD, dan CD sejajar AB.

b. Pengertian Trapesium Sama Kaki

Trapesium sama kaki adalah trapesium yang mempunyai panjang sisi tegak yang sama panjang. Perhatikanlah Gambar jenis-jenis trapesium (b), ABCD adalah trapesium sama kaki dimana AD = BC, dan ∠A = ∠B.

c. Pengertian Trapesium Siku-Siku

Trapesium siku-siku adalah trapesium yang salah satu sudut alasnya 90°. Perhatikanlah Gambar jenis-jenis trapesium (c), ABCD adalah trapesium siku-siku dimana ∠A = 90° dan ∠D = 90°.

Jenis-jenis trapesium (a) sembarang, (b) sama kaki, dan (c) siku-siku
Jenis-jenis trapesium (a) sembarang, (b) sama kaki, dan (c) siku-siku
Setelah mempelajari dan mengerti mengenai pengertian trapesium, pada postingan selanjutnya akan kami bahas mengenai sifat trapesium beserta rumus mencari keliling dan luas trapesium.