4/26/2013

Membuat Dokumen Sederhana

Pada postingan kali ini, kamu akan belajar membuat dokumen sederhana di program MSWord. Melalui dokumen tersebut, kamu akan mencoba mengenal dan melakukan berbagai hal, seperti wrapping, ganti baris, simpan dan menutup dokumen dan panggil dokumen.

Namun, sebelum kamu mempelajari semua itu, lakukanlah terlebih dahulu tugas berikut. Hasil dari tugas tersebut, nantinya akan dipakai untuk mempelajari hal-hal tersebut.

Tugas :

Buka MSWord, kemudian ketiklah kalimat berikut.

Kemampuan wrapping adalah fasilitas yang PASTI ADA di setiap software pengolah kata. Dengan demikian, jika jenis kertas diganti, margin kiri-kanan diubah, ada perubahan bentuk kolom (misalnya, diubah menjadi kolom, seperti koran), atau orientasi kertas diputar (landscape ke portrait atau sebaliknya), semua kalimat dalam dokumen akan diatur sesuai dengan batas-batas kondisi yang baru.

Hasil apa yang kamu peroleh dari tugas ini?

a. Wrapping

Wrapping merupakan fasilitas yang selalu ada di perangkat lunak pengolah kata. Dengan adanya wrapping, tulisan yang diketik tidak akan melebihi batas margin kanan. Dengan demikian, kata-kata yang diketik akan turun ke bawah membentuk baris baru ketika melebihi batas margin.

Untuk melihat kelakuan dari fungsi wrapping pada pengolah kata, ubah margin kanan dari dokumen dengan cara klik tab Page Layout, klik Margins, lalu klik Narrow, lihat efeknya. Ulangi lagi set margin dengan mencoba memilih Wide. Kemudian, kembalikan ke margin Normal.

a. Wrapping dan macam-macam margins, b. Margin Normal, c. Margin Narrow
dan d. Margin Wide

b. Ganti Baris

Untuk membuat baris baru, mengakhiri paragraf, atau membuat baris kosong pada dokumen, gunakan tombol Enter yang terdapat pada keyboard. Sebagai ilustrasi, lakukan kegiatan praktik berikut.

Kegiatan:

Coba ketikkan teks berikut di bawah teks yang diketik pada praktik sebelumnya. Perhatikan tanda ( ↵ ) berarti kamu harus menekan tombol Enter.

Aku mempunyai teman yang pandai membuat puisi. Ia dengan mudah bisa menulis puisi dimana dan kapan saja dia mau. ↵

Suatu saat kami berdua berlibur ke Surabaya. Kami naik kereta api malam. Di seberang samping tempat duduk kami seorang bapak, istrinya, dan seorang gadis kecil yang manis, wajahnya lucu. ↵
 
Temanku ini curi-curi untuk menatapnya, karena si gadis sering menatapnya, ia khawatir jika ia balas menatapnya berlama-lama anak mungil 9-10 tahun ini ketakutan. Ia lalu mengalihkan pandangannya ke jendela kaca kereta yang tentu tampak hitam gelap. ↵
 
Tak lama kemudian ia mengambil pena dan buku saku, ia menuliskan beberapa untaian kata, lalu menyodorkannya padaku. Aku meraihnya, ia menuliskan begini: ↵
 
Gadis Kecil ↵
 
Duduk aku dalam kereta malam ↵
 
Hanya ada musik berisik angin bising ↵
 
Dan dutak-detak roda di atas rel-rel ↵
 
Aku pandangi arah jendela ↵
 
Hanya ada malam hitam kelam ↵
 
Tampak wajahku pada kaca ↵
 
Juga bayangan gadis manis ↵
 
Gadis kecil yang masih mungil ↵
 
Yang tak henti memainkan jarinya ↵
 
Dan menatapku sepanjang hari ↵
 
Kau cantik besar nanti ↵

Dari kegiatan tersebut, hasil apa yang dapat kamu simpulkan?

c. Menyimpan Dokumen

Bagaimanakah cara menyimpan sebuah dokumen? Untuk menyimpan dokumen, kamu dapat melakukannya dengan empat cara berikut.

1) Menggunakan Microsoft Office melalui logo berikut:

kemudian pilih dan klik save.


2) Melalui Quick Access Toolbar, yaitu klik ikon disket.
Ikon disket pada Quick Acces Toolbar.
Ikon disket pada Quick
Acces Toolbar.
3) Menggunakan kombinasi tombol Alt+FS.
Ini adalah cara melakukan perintah dengan kombinasi tombol Alt dan Keytips atau Hotkey, sehingga seakan kamu mengakses perintah File lalu Save, di mana F dan S menandakan Hotkey-nya.
 
4) Menggunakan kombinasi tombol (keyboard short): Ctrl+S.
Setelah menggunakan salah satu perintah tersebut, jika dokumen ini sebelumnya belum disimpan maka akan muncul dialog box berikut.
Dialog box penyimpanan file.
Dialog box penyimpanan file.
Setelah muncul kotak dialog tersebut, ketikkan nama file untuk dokumen yang akan disimpan. Kemudian, tentukan di mana dokumen tersebut akan kamu simpan dengan menjelajahi folder atau pilihan folder lainnya. Selanjutnya, klik Save yang terdapat pada kanan bawah kotak dialog. Dengan demikian, file sudah disimpan di tempat yang kamu inginkan.

d. Menutup Dokumen

Bagaimanakah cara menutup dokumen? Untuk menutup (close) dokumen, kamu dapat melakukannya dengan cara-cara berikut.

1) Menggunakan Microsoft Office melalui logo berikut:

lalu pilih dan klik Close.


2) Mengklik tanda Exit/Close jendela aplikasi :
Cara ini akan menutup juga aplikasi MSWord jika tidak ada dokumen lain lagi yang terbuka.


3) Menggunakan kombinasi tombol Alt+FC.
Seperti yang dijelaskan pada perintah menyimpan dokumen, dalam hal ini perintah tersebut seakan mengakses perintah File lalu Close.

Info:
Jika dokumen belum pernah disimpan maka saat menutup dokumen akan muncul peringatan (Alert) seperti berikut.

Jika kamu akan menyimpan dokumen tersebut sebelum menutupnya, jawab Yes dengan cara ketik Y atau klik (tombol) Yes. Adapun jika kamu tidak akan menyimpannya, jawab No dengan cara ketik N atau klik tombol No.

e. Membuka Dokumen yang Sudah Ada

Untuk membuka kembali dokumen yang sudah ada (tersimpan di hard disk), terdapat 5 cara yang dapat dilakukan, yaitu sebagai berikut.

1) Menggunakan Microsoft Office melalui logo berikut:

lalu pilih dan  klik Open.


2) Menggunakan Microsoft Office, lalu memilih berkas dari daftar Recent Documents.
Daftar recent dokumen untuk membuka kembali dokumen yang pernah dibuka.
Daftar recent dokumen untuk membuka kembali
dokumen yang pernah dibuka.
Selanjutnya, klik File yang akan kamu buka.

3) Menggunakan kombinasi tombol Alt+FO.
Dalam hal ini seakan kamu mengakses perintah File-Open.

4) Menggunakan kombinasi tombol (keyboard short) Ctrl+O.

Cara 1, 3, dan 4 tersebut akan memunculkan dialog box, di mana kamu diminta untuk memilih dokumen yang akan dibuka. Contoh tampilan dialog box-nya sebagai berikut.

Dialog box untuk membuka
dokumen.
 5) Melalui Windows Explorer atau My Computer, pilih file-nya lalu klik ganda. Cara ini merupakan alternatif lain yang lebih cepat untuk membuka dokumen.
Membuka file atau dokumen melalui fasilitas Windows Explorer.
Membuka file atau dokumen
melalui fasilitas Windows Explorer.

f. Menutup MSWord

Menutup MSWord dilakukan, seperti halnya menutup aplikasi Windows lainnya, yaitu mengklik tanda Exit (Close) di ujung kanan atas seperti berikut.

Tanda Exit (Close)
Tanda Exit (Close)

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan kombinasi tombol Alt+F4.

g. Membuat Dokumen Baru

Pada saat kamu mengaktifkan MSWord, MSWord akan langsung menyajikan dokumen baru (kosong). Adapun yang dimaksud dengan membuat dokumen baru di sini adalah sebagai berikut.
  1. Membuat dokumen baru pada saat dokumen lain sedang dibuka (aktif).
  2. Tidak ada dokumen yang terbuka (semua dokumen sudah ditutup), namun MSWord masih aktif dan akan dibuat dokumen baru.
Untuk membuat dokumen baru tersebut, caranya adalah dengan mengklik Microsoft Office lalu klik New, atau dengan menggunakan kombinasi tombol Alt+FN. Perintah tersebut akan menampilkan pilihan apakah akan membuat Blank Document (dokumen kosong) atau New Blog Post. Dalam hal ini pilih Blank Document dengan cara klik ganda. Tampilan pilihan tersebut sebagai berikut.

Dialog box perintah pilihan New Document.
Dialog box perintah pilihan
New Document.

h. Membuat Halaman Baru

Misalnya, kamu mengetik pada suatu halaman. Ketika ketikan yang dibuat sudah melebihi kemampuan daya tampung halaman tersebut maka secara otomatis MSWord akan membuat halaman baru (terbentuk halaman ke-2, dan seterusnya). Namun, ada saatnya kamu ingin membuat halaman baru tanpa harus mengisi hingga penuh halaman yang dihadapi saat ini. Dengan perkataan lain kamu ingin “memaksa” MSWord untuk pindah atau minta dibuatkan halaman baru.
 
Untuk kebutuhan ini, kamu dapat memberikan perintah membuat halaman baru atau Page Break dengan cara menekan Ctrl+Enter. Selain itu, kamu dapat pula menggunakan cara lain. Cara lain tersebut, yaitu memilih perintah Page Break pada grup Pages pada tag Insert dari Ribbon.

Perintah Page Break.
Perintah Page Break.

Tidak ada komentar: