Mengatur Format Teks

di Diposkan oleh
Pada bagian ini, kamu akan mempelajari bagaimana mengatur format teks yang meliputi jenis, ukuran, style font, dan spasi karakter. Namun sebelumnya, terlebih dahulu kamu harus tahu bagaimana menyeleksi teks atau kelompok teks yang akan diatur formatnya tersebut.

a. Jenis, Ukuran, dan Style Font

Untuk mengatur format font (jenis, ukuran, dan style font) langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah memilih tab Home pada Ribbon. Selanjutnya, perhatikan grup Font. Melalui fungsi-fungsi yang terdapat pada grup ini, kamu dapat mengubah format font. Untuk lebih jelasnya, pelajari gambar dan keterangan dari fungsi-fungsi pada grup Font berikut.

Tab Home pada Ribbon.
Tab Home pada Ribbon.
Selain itu, terdapat alternatif lain dalam hal cara pemberian format font. Alternatif cara tersebut, di antaranya sebagai berikut.
1) Menggunakan pop-up menu yang muncul pada saat melakukan seleksi, seperti berikut.

Pop-up menu.
Pop-up menu.
Selanjutnya, yang harus kamu lakukan adalah memilih fungsi mana yang akan digunakan untuk mengubah format font sesuai dengan yang diinginkan.
2) Menggunakan pop-up menu dengan cara klik-kanan pada bagian teks yang diseleksi, lalu pilih Font (akan muncul dialog box), seperti berikut.

Pop-up menu dan dialog box Font.
Pop-up menu dan dialog box
Font.
Ketika dialog box muncul, kamu tinggal memilih fungsi mana yang akan digunakan. Selanjutnya, jika semua sudah sesuai dengan yang diinginkan, kamu tinggal menekan OK.

3) Menggunakan dialog box Font, yang dipanggil menggunakan Font Dialog Box Launcher (di ujung kanan bawah grup Font pada tag Home Ribbon):

Font dialog box.
Font dialog box.
4) Menggunakan shortcut yang umum digunakan dalam mengubah format font. Beberapa shortcut tersebut, di antaranya sebagai berikut.
  • Penebalan: Ctrl+B
  • Miring: Ctrl+I
  • Garis bawah: Ctrl+U
  • Subskrip: Ctrl+=
  • Superskrip: Ctrl+Shift++
  • Memperbesar font: Ctrl+>
  • Memperkecil font: Ctrl+<
5) Menggunakan akses kunci pemanggilan dialog box Font, yaitu Alt+OF. Akses ini akan menampilkan dialog box seperti pada alternatif cara kedua.


b. Spasi Karakter atau Huruf

Untuk melakukan pengaturan spasi karakter atau huruf, dapat dilakukan dengan cara memanggil Dialog Box Font. Selanjutnya, pilih tab Character Spacing. Setelah itu, tentukan pengaturan yang kamu inginkan.
Contoh berikut adalah contoh penggunaan character spasing.

Dialog box Font mengenai Character Spacing.
Dialog box Font mengenai
Character Spacing.
Kegiatan:

Pilihlah sembarang dokumen yang telah kamu buat. Gunakan Text Highlight Color pada grup Font. Klik pada ikonnya bukan pada segitiga kecil penampil warna sehingga pointer mouse berubah menjadi :

Pointer tersebut berfungsi seperti “stabilo”. Pilihlah kata-kata yang kamu anggap penting, beri  tanda dengan menggunakan pointer tersebut. Untuk meresetpointer ini, tekan Esc.