Penghapusan, Penggandaan, dan Pembatalan

di Diposkan oleh
Penghapusan, Penggandaan, dan Pembatalan
Pada saat kamu bekerja dengan aplikasi pengolah kata, kamu tidak akan lepas dari aktivitas mengedit. Yang dimaksud aktivitas mengedit, yaitu menyangkut modifikasi, mengubah, mengganti, menghapus, menambahkan, dan menyisipkan objek (kata, gambar, tabel, paragraf, dan sebagainya).

Berikut akan dijelaskan proses-proses dalam pengeditan:

1. Menghapus (Delete)

Untuk menghapus kata, kelompok kata, paragraf, tabel, gambar, dan sebagainya, kamu cukup melakukan seleksi lalu menekan tombol keyboard Del. Saat kamu ingin menghapus per karakter (misalnya, waktu kamu mengetik kemudian, terjadi kesalahan), kamu tidak perlu melakukan seleksi. Jika kamu melakukan seleksi maka akan membuang waktu, karena kamu cukup menekan tombol Backspace. Ada perbedaan antara Del dan Backspace dalam menghapus? Coba praktekan pada keyboardmu dan simpulkan hasilnya.

2. Copy dan Multi-copy

Perintah mengkopi (copy) digunakan untuk menggandakan kata, kelompok kata, paragraf, tabel, gambar, objek, dan sebagainya. Langkah yang harus dilakukan adalah seleksi objek yang akan digandakan. Selelah diseleksi, gunakan perintah shortcut Ctrl+C. Dapat juga dengan klik kanan lalu pilih Copy, atau menggunakan ikon Copy yang ada di grup Clipboard pada tab Home dari Ribbon.

Selain itu, kamu dapat juga melakukan beberapa copy (multi-copy). Hasil pengkopian ini akan disimpan oleh MSWord di Clipboard. Untuk melakukan multi-copy, buka Office Clipboard Task Pane dengan cara klik Clipboard Task Pane Launcher.

Clipboard.
Clipboard.

3. Paste dan Multi-paste

Tindakan pengkopian yang dibahas sebelumnya akan diikuti dengan tindakan menempelkan (paste) ke lokasi yang diinginan. Cara melakukan paste dapat dengan perintah shortcut Ctrl+V, atau dengan klik kanan lalu pilih Paste. Dapat dilakukan juga menggunakan ikon Paste yang ada di grup Clipboard pada tab Home dari Ribbon.

Kamu dapat memilih objek mana yang akan di-paste, yaitu jika kamu melakukan multicopy melalui Office Clipboard Task Pane. Kemudian, mengklik objek yang ada di Task Pane tersebut.

4. Cut

Perintah cut digunakan untuk menghapus kata, kelompok kata, paragraf, tabel, gambar, objek, dan sebagainya, namun untuk disimpan di Clipboard (sehingga dapat di-Paste). Untuk menjalankan perintah Cut, setelah objek diseleksi, gunakan perintah shortcut Ctrl+X. Dapat juga dilakukan dengan klik kanan lalu pilih Cut, atau menggunakan ikon Cut yang ada di grup Clipboard pada tab Home dari Ribbon.

5. Undo dan Multi-undo

Undo adalah cara untuk membatalkan (tidak jadi melakukan suatu perintah). Caranya adalah dengan menekan tombol shortcut Ctrl+Z atau menggunakan ikon undo di Quick Access Toolbar

ikon undo pada Quick Access Toolbar


Perintah Undo ini dapat dilakukan secara berturut-turut (beberapa kali/multi-undo) sesuai dengan urutan pemberian perintah. Misalkan, akan membatalkan 10 perintah terakhir maka lakukan Ctrl+Z sepuluh kali atau klik ikon Undo sepuluh kali.

6. Redo dan Multi-redo

Redo adalah cara untuk membatalkan hasil pembatalan (tidak jadi melakukan suatu perintah pembatalan). Caranya adalah dengan menekan tombol shortcut Ctrl+Y atau menggunakan ikon redo di Quick Access Toolbar.

redo di Quick Access Toolbar
redo di Quick Access Toolbar


Perintah redo ini dapat dilakukan secara berturut-turut (beberapa kali/multi-redo) sesuai dengan urutan pemberian perintah. Misalkan, akan menjadikan kembali pembatalan 10 perintah terakhir maka lakukan Ctrl+Y sepuluh kali atau klik ikon Redo sepuluh kali.