Tata Letak dan Pencetakan Dokumen

at Posted by
Pengaturan tata letak (layout) dokumen dan pencetakan yang akan dibicarakan di sini menyangkut aspek-aspek berikut.

1. Format Page

Pada postingan sebelumnya, kamu telah mempelajari bagaimana mengatur margin melalui ikon Margin tab Page Layout grup Page Setup, yaitu mencoba menggunakan template margin yang disediakan MSWord. Untuk mengatur margin, jenis kertas, dan orientasi kertas berdasarkan kebutuhan, gunakan pilihan Custom Margins pada menu Margin tersebut.

Pengaturan margin, jenis kertas, dan orientasi kertas
pada dialog box Page Set Up.
Untuk memilih jenis kertas, pilih tab Paper pada dialog box yang sama. Adapun pada tab Layout, kamu dapat melakukan hal-hal berikut.
  • Pengaturan Section.
  • Pengaturan Header dan Footer, apakah diberikan di semua halaman atau mulai halaman ke-2 (Different first page). Hal ini biasanya dipilih jika halaman pertama akan dipakai untuk cover.
  • Pilihan selain Different first page adalah Different odd and even (membedakan halaman genap dan ganjil). Hal ini biasanya dipakai bersama dengan jenis page Mirror Margin.
  • Bagian Apply to digunakan bersama-sama dengan semua pengaturan yang ada dialog box. Pilihannya antara lain This Section, Selected Section, Selected Text, This Point Forward, dan Whole Document.

Melakukan pengaturan header dan footer.
Info :
Semua unit ukuran yang ditunjukkan pada tampilan dialog box Page Setup menggunakan satuan inchi. Untuk mengubahnya menjadi unit ukuran satuan lainnya (misalnya cm), kamu dapat mengubahnya melalui Word Options.

2. Header dan Footer

Header dan Footer adalah teks atau objek yang dimunculkan di setiap halaman. Untuk pemberian header dan footer ini, gunakan grup Header and Footer yang terdapat pada tab Insert. Kamu dapat memberikan teks, gambar, drawing, objek lain, dan nomor halaman (melalui ikon Page Number). MSWord menyediakan beberapa format atau template header dan footer ini.

Format atau template header dan footer.
Format atau template header dan footer.
Pemberian header dan footer juga dapat dilakukan secara langsung dengan cara klik ganda pada daerah sekitar header dan footer. Contoh tampilannya sebagai berikut.

Menu kontekstual header dan footer.
Pada saat akan menyisipkan nomor halaman, MSWord akan menawarkan model-model header dan footer. Jika kamu tidak tertarik dengan model-model header dan footer tersebut, letakkan kursor pada tempat yang akan diberi nomor halaman. Kemudiam, klik Page Number > Current Position > Plain Number. Ubahlah menjadi model yang sesuai dengan keinginanmu.

Jika kamu ingin menyetel nomor halaman tidak dari 1 (misalkan mulai dari halaman 12) maka pengaturan ini dapat kamu peroleh di Page Number > Format Page Number.

Dialog box pengaturan nomor halaman.
Dialog box pengaturan nomor halaman.

3. Pencetakan dan Opsi-Opsinya

Untuk mencetak dokumen, kamu dapat menggunakan cara paling cepat dengan shortcut Alt+FP atau melalui Microsoft Office Button > Print. Sebelum melakukan pencetakan, pastikan sudah ada printer yang terkoneksi pada PC beserta driver printer yang sesuai.

Jika perintah pencetakan sudah diberikan, baik melalui shortcut maupun Microsoft Office Button, akan tampil dialog box Print seperti berikut.

Dialog box Print.
Dialog box Print.
Beberapa hal penting untuk diketahui dari dialog box Print tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Saat dialog box Print ditampilkan, merk printer yang aktif (disorot) adalah printer yang ditetapkan sebagai default printer. Untuk mengatur default printer gunakan Control Panel atau Start > Printer and Faxes.
  2. Jika dipilih Current page maka yang dicetak adalah halaman yang dihadapi (posisi kursor). Untuk mencetak halaman-halaman secara tak berurut, lihat cara penulisannya pada dialog box Print tersebut.
  3. Kamu dapat mencetak halaman genap (even) saja atau ganjil (odd) saja (default-nya: “All pages in range”).
  4. Collate merupakan opsi untuk mencetak banyak halaman dengan jumlah cetak lebih dari 1. Jika kamu mencetak halaman 1-3 sebanyak 2 kali dan Collate diisi (checked) maka urutan pencetakan 1,2,3,1,2,3. Jika Collate dikosongkan, urutan pencetakan: 1, 1, 2, 2, 3, 3.

Properties merupakan button penting yang terkait pengaturan opsi pencetakan. Dalam Properties terdapat pengaturan yang umum maupun yang “khas” dengan jenis/ merk printer yang dipilih. Sebagai contoh, printer yang digunakan di sini adalah printer Canon i255.

Pengaturan properties opsi pencetakan pada tab Main,
Pengaturan properties opsi pencetakan pada
tab Main

Pengaturan properties opsi pencetakan pada
tab Page Setup.
Latihan Soal : 
  1. Bagaimana cara yang paling cepat mengakses dan menempatkan sesuatu pada header dan footer?
  2. Jika kita membuat nomor halaman secara manual (diketikkan, misalnya hlm.1), apa akibatnya?
  3. Apa keuntungan penggunaan Print Quality: Draft atau Economode?
Chandra Wijaya said...

thank's atas infonya mas, sangat bermanfaat sekali buat saya .. GBU ;)