Menulis Lamaran Pekerjaan

at Posted by
Surat merupakan salah satu cara mengkomunikasikan keadaan atau kondisi diri kita pada orang lain atau lembaga secara tertulis. Menulis surat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang membutuhkan keterampilan menggunakan bahasa tulis. Pada pelajaran kali ini kamu akan belajar menulis surat lamaran dengan memperhatikan struktur kebahasaan dan ejaan.

Surat lamaran pekerjaan berbeda dengan jenis surat yang lain, apalagi jika dibandingkan dengan surat pribadi. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat resmi yang dikirim seseorang kepada sebuah instansi, lembaga, perusahaan, atau organisasi tertentu untuk mendapatkan pekerjaan dalam bidang tertentu. Surat lamaran pekerjaan biasanya ditulis berdasarkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang disampaikan oleh sebuah instansi, lembaga, perusahaan, atau organisasi tertentu melalui pengumuman, selebaran, atau pemberitahuan. Di dalam pengumuman itu biasanya disertakan pula keterangan mengenai persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar dan kadang juga disertakan keterangan mengenai lokasi dan bidang penempatannya serta gaji yang dapat dibayarkannya. Surat lamaran pekerjaan juga dapat ditulis berdasarkan inisiatif sendiri. Surat lamaran pekerjaan dapat ditulis dengan menggunakan komputer, mesin ketik, atau tulisan tangan. Hal itu sangat bergantung kepada persyaratan yang dikehendaki oleh pihak penerima surat.

Dengan cara apa pun, surat lamaran pekerjaan itu harus ditulis dengan menggunakan bahasa yang baik, benar, dan efektif. Di antaranya, persyaratan kebahasaan itu berkenaan dengan (i) ketepatan pilihan kata, (ii) kelengkapan informasi, (iii) kebenaran dan keefektifan struktur kalimat, (iv) kepaduan paragraf, serta (v) ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca.

Ketepatan Pilihan Kata

Kata-kata yang digunakan dalam menulis surat lamaran pekerjaan harus dipilih dengan saksama atau cermat agar memiliki kebenaran bentuk dan ketepatan makna. Karena termasuk surat resmi, surat lamaran pekerjaan itu lebih baik ditulis dengan menggunakan kata-kata yang memiliki ciri bentuk yang baku atau standar. Coba pertimbangkan kebenaran bentuk dan ketepatan makna penggunaan kata-kata berikut ini pada teks rumpang yang ada di sebelahnya. Diskusikan bersama teman-temanmu!


berdasar berdasarkan .................. iklan yang dimuat pada harian Kobar, pada 3 Mei 2008, tentang pengumuman penerimaan karyawan baru di perusahaan yang Saudara pimpin, ... dan seterusnya.
sehubungan berhubungan .................. dengan informasi itu, dengan hormat, dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan.
dimuat termuat Pemberitahuan lowongan pekerjaan itu ............. di harian Kobar, 3 Mei 2008.
 hal perihal
Nomor : 23/PU/X/2008
Lampiran : 1 bendel
............... : Lamaran Pekerjaan
terlampir lampiran Kelengkapan surat lamaran ini saya sampaikan dalam ...............

Anda Saudara
Atas perhatian ...................., saya sampaikan terima kasih.

info informasi
.................. itu saya terima melalui e-mail pada pertengahan Mei 2008.
 di ke Dengan ini saya memberanikan diri untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan ........ perusahaan Saudara.

bersama dengan
................ surat lamaran pekerjaan ini, saya lampirkan berkas yang dipersyaratkan.

fotocopi fotokopi
Berkas itu di antaranya ialah ..........................

ijasah ijazah
....................... yang sudah ........................ oleh

dilegalisasi dilegalisir
Dinas Pendidikan Nasional terkait.

diucapkan disampaikan
Atas perhatian Saudara, saya .............. terima kasih.

Kelengkapan Informasi

Secara keseluruhan, surat lamaran pekerjaan adalah sebuah wacana utuh yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang lengkap. Oleh karena itu, informasi yang disampaikan dalam surat lamaran itu harus lengkap pula. Kelengkapan informasi itu berkenaan dengan berbagai hal: (i) nama pelamar dengan segala identitasnya, (ii) pertelaan tanggal dan perihal surat, (iii) informasi yang digunakan sebagai dasar penulisan surat, (iv) maksud surat, (v)pertelaan lampiran persyaratan, (vi) harapan pelamar, (vii) penutup surat, dan (viii) nama dan tanda tangan pelamar. Semua informasi itu harus dinyatakan dengan singkat dan jelas, dengan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang benar dan efektif.

Kebenaran dan Keefektifan Struktur Kalimat

Kalimat-kalimat yang digunakan dalam surat lamaran pekerjaan harus benar menurut kaidah bahasa Indonesia yang berlaku dan harus efektif. Sebuah kalimat setidaknya terdiri atas subjek dan predikat, baik dengan atau tidak dengan objek dan keterangan. Semua unsur itu disusun secara benar sesuai gramatika bahasa Indonesia. Coba bandingkan dua kalimat berikut!
  1. Berdasarkan iklan dalam harian Kobar edisi Sabtu, 3 Mei 2008, yang menginformasikan bahwa perusahaan Saudara membutuhkan tenaga medical representatif untuk ditempatkan di wilayah Malang.
  2. Berdasarkan iklan dalam harian Kobar edisi Sabtu, 3 Mei 2008, yang menginformasikan bahwa perusahaan Saudara membutuhkan tenaga medical representatif untuk ditempatkan di wilayah Malang, dengan ini kami mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Saudara pimpin.
Keefektifan kalimat, selain ditentukan oleh kebenaran strukturnya, juga ditentukan oleh beberapa syarat. Pertama, kesepadanan isi dan bentuk kalimat. Artinya, informasi yang banyak atau kompleks harus dinyatakan dengan kalimat yang sepadan atau kompleks pula. Kedua, kesejajaran bentuk atau struktur unsur-unsurnya. Artinya, konstruksi-konstruksi kebahasaan yang sejenis yang kemukakan dalam suatu deretan, harus dinyatakan dalam bentuk yang sama atau mirip. Misalnya, dalam pernyataan sudah ditulis, ditandatangani, dicap, dan dikirim, memiliki kesejajaran bentuk di...., Ketiga, penggunaan penekanan. Artinya, bagian-bagian kalimat yang penting perlu mendapat penekanan. Di antaranya ialah dengan cara diletakkan pada bagian awal kalimat. Keempat, kevariasian kalimat. Artinya, kalimat-kalimat yang digunakan sebaiknya bervariasi; tidak dengan kalimat aktif semua, tidak dengan kalimat transitif semua, tidak dengan kalimat susun normal semua, dan sebagainya. Kelima, menjaga kehematan penggunaan unsurunsurnya. Artinya, kalimat disusun secara ekonomis. Apabila bisa dinyatakan dengan pendek, kalimat atau frase tidak perlu dikemukakan dengan panjang dan berbelit-belit. Frase memiliki alamat lebih baik dinyatakan dengan bentuk yang lebih singkat, yaitu kata beralamat, frase mengajukan lamaran lebih baik dinyatakan dengan kata melamar, dan sebagainya.

Kepaduan Paragraf

Kalimat-kalimat yang digunakan sebaiknya disusun di dalam pargaraf secara padu. Dalam sebuah paragraf hanya ada satu kalimat utama, sedangkan kalimat-kalimat yang lain hanya merupakan pendukung atau penjelasnya. Semua kalimat yang digunakan untuk mendukung gagasan utama sebuah paragraf harus dirangkai dengan menggunakan penanda hubungan antarkalimat yang sesuai. Perhatikan pengulangan kata permohonan sebagai penanda hubungan antarkalimat pada contoh paragraf berikut.

Berdasarkan informasi yang saya terima melalui iklan yang dimuat di harian Kobar, 3 Mei 2008, mengenai penerimaan karyawan baru di perusahaan Saudara, dengan hormat, dengan ini saya mengajukan permohonan untuk melamar pekerjaan, sesuai kebutuhan penerimaan karyawan di perusahaan Saudara. Bersama permohonan ini saya lampirkan berkas-berkas yang dipersyaratkan.

Ketepatan Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca

Ejaan berkenaan dengan penulisan kata, penggunaan huruf kapital, penggunaan huruf miring, pemenggalan kata, dan penulisan unsur serapan. Tanda baca berkenaan dengan berbagai tanda seperti titik, koma, titik koma, titik dua, tanda hubung, tanda pisah, tanda seru, tanda tanya, tanda kurung, garis miring, tanda elepsis, tanda petik, dan tanda apostrof. Dalam penulisan surat lamaran pekerjaan, ejaan dan tanda baca itu harus dicermati ketepatan penggunaannya. Agar kamu memiliki kompetensi yang memadai dalam menggunakan ejaan dan tanda baca, silakan kamu pelajari Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.

Latihan:
1. Perhatikan dua contoh penulisan surat lamaran pekerjaan berikut! Selanjutnya lakukan identifikasi terhadap dua contoh penulisan lamaran pekerjaan baik dari segi substansi, kebahasaan maupun dari segi sistematika penulisannya!

Contoh 1:

contoh 1


Contoh 2:



Contoh 2

2. Buat sebuah surat lamaran pekerjaan berdasarkan informasi yang dimuat di harian Kabar Utama, 19 April 2008 berikut! Diskusikan hasil penulisan tersebut dengan teman-temanmu dan mintalah gurumu untuk memberi masukan dan memberikan penilaian!


Perusahaan pengecoran logam, PT Besi Utama, yang beralamat di Jl. Kepiting No. 265, Sidoayu, Surabaya, membutuhkan karyawan baru dalam bidang marketing dengan ketentuan sebagai berikut.
(1) pria atau wanita
(2) berusia maksimal 25 tahun
(3) belum menikah
(4) minimal berpendidikan S1 ekonomi (manajemen atau akuntansi)
(5) sehat jasmani dan rohani
(6) berdomisili di Surabaya
(7) bersedia untuk bekerja keras dan berkelakuan baik
 
Surat lamaran dikirim kepada Direktur Utama PT Besi Utama paling lambat 20 Mei 2008 (cap pos).


3. Cari informasi di surat kabar, baik yang berupa iklan maupun pengumuman, tentang penerimaan karyawan. Selanjutnya berdasarkan informasi itu, buat sebuah surat lamaran pekerjaan dan laporkan dalam bentuk laporan terulis! (Sertakan guntingan pengumuman atau iklan tersebut).