Stupa, Arca, Gapura, dan Relief

1. Stupa
Stupa merupakan bangunan suci yang berkaitan dengan agama Buddha. Stupa menjadi lambang Budhisme itu sendiri. Sebagai lambang perjalanan Sang Buddha masuk ke nirwana, bangunan stupa terdiri atas tiga bagian yaitu andah, yanthra, dan cakra. Pembagian dan maknanya tidak jauh berbeda dengan candi.

Stupa Candi Borobudur
Stupa Candi Borobudur
a. Andah melambangkan dunia bawah, tempat manusia yang masih dikuasai hawa nafsu.
b. Yanthra merupakan suatu benda untuk memusatkan pikiran saat bermeditasi. Pada Candi Mendut terdapat patung Rusa (lambang peristiwa khotbah pertama Sang Budha).
c. Cakra melambangkan nirwana, tempat para dewa.


2. Arca
Arca adalah patung yang terbuat dari batu yang dipahat menyerupai bentuk manusia atau binatang. Misalnya, Arca Dwarapala (patung penjaga pintu masuk candi), patung Prajnaparamita perwujudan Ken Dedes, di Candi Singasari Malang, patung Jaka Dolog yakni patung perwujudan Kertanegara di Surabaya.

Patung Prajnaparamita
Patung Prajnaparamita


3. Gapura
Gapura, adalah bangunan yang berupa pintu gerbang, ada yang beratap (yang kemudian dikenal dengan nama Semar-tinandu) dan ada menyerupai candi yang berbelah dua yang dikenal dengan nama Candi Bentar. Misalnya, Candi Waringin Lawang di Trowulan, di Mojokerto, Jawa Timur.

Candi Bentar Ceto
Candi Bentar Ceto

4. Relief
Relief, adalah hasil seni pahat sebagai pengisi bidang pada dinding candi yang melukiskan suatu cerita atau kisah.

Relief Candi Prambanan
Relief Candi Prambanan

Relief Candi Borobudur
Relief Candi Borobudur