Pengertian Data Kuantitatif dan Kualitatif

Data bentuk kualitatif dan kuantitatif akan menjadi pembahasan artikel postingan belajar kali ini. Apa saja kualitatif dan kuantitatif itu? Mari kita simak uraian berikut ini.

Berdasarkan nilainya, data data dapat digolongkan menjadi bentuk kuantitatif dan bentuk kualitatif. Berikut ini penjelasan dan contoh contoh dari data bentuk kuantitatif dan bentuk kualitatif.

Pengertian kuantitatif
a. Pengertian kuantitatif adalah data yang berupa bilangan, nilainya bisa berubah-ubah atau bersifat variatif. Data bentuk kuantitatif terbagi atas 2 bagian, yaitu cacahan dan ukuran. Berikut ini contoh dari data kuantitatif dari cacahan dan ukuran kuantitatif.

1) Data cacahan (diskrit) adalah data yang diperoleh dengan cara membilang. Contoh:
  • Pegawai di perusahaan X terdiri atas 160 laki-laki & 70 perempuan.
  • Guru yang berpendidikan sarjana di SMA Bina Bangsa berjumlah 6 orang.
  • Peserta SPMB pada tahun 2004 berjumlah 120.000 orang.
2) Data ukuran (kontinu) adalah data yang diperoleh dengan cara mengukur. Contoh:
Pengertian Data Kuantitatif dan Kualitatif
kualitatif dan kuantitatif
  • Panjang lintasan jalan tol X adalah 12,8 km.
  • Suhu badan penderita penyakit demam berdarah itu 41°C.
  • Kecepatan kereta api ekspres Bandung–Jakarta adalah 110 km/jam.
Pengertian kualitatif
b. Pengertian kualitatif adalah data yang bukan merupakan bilangan, atau bisa diartikan juga kualitatif merupakan data berupa ciri-ciri, sifat-sifat, data keadaan, atau gambaran dari kualitas objek yang ditelitidan disebut juga kualitatif. Golongan kualitatif ini disebut atribut. Sebagai contoh data kualitatif adalah bentuk kualitatif mengenai kualitas suatu produk, yaitu baik, sedang, dan kurang. Ukuran penilaian baik, sedang dan kurang inilah yang disebut dengan nilai kualitatif.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.