Menulis Paragraf Argumentatif

Pada pelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari materi tentang paragraf persuasif. Pada pelajaran kali ini kamu akan belajar menulis paragraf argumentatif sesuai dengan keperluan.

Paragraf argumentatif disusun untuk membuktikan sesuatu dan paragraf persuasif ditulis untuk mempengaruhi seseorang. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah karakteristik dan ciri-ciri paragraf argumentatif.

a. Memberikan penjelasan mengenai pendapat, gagasan, atau keyakinan penulis.
b. Memerlukan fakta yang diperjelas dengan angka, statistik, peta, grafik, gambar, bagan, dan lain-lain, termasuk juga analisis dan sintesis.
c. Menggali sumber pengalaman, penelitian, sikap, dan keyakinan.
d. Mempengaruhi pendapat atau keyakinan pembaca.
e. Menggunakan contoh, angka-angka, statistik, gambar, dan lain-lain untuk membuktikan kebenaran.
f. Ditutup dengan kesimpulan.

Paragraf argumentatif dapat dikembangkan dengan pola generalisasi. Generalisasi diambil dengan didahului oleh penyajian berbagai fakta yang mendukung simpulan. Agar generalisasi itu tidak salah, hal-hal berikut harus terpenuhi.

a. Fakta, data, atau bukti yang digunakan untuk menarik kesimpulan harus representatif (memadai atau cukup) dan merupakan hal yang baik, pantas, dan layak.
b. Dalam menarik kesimpulan harus memperhitungkan adanya kekecualian sehingga kata-kata semua, setiap, tidak pernah, dan sejenisnya harus benar-benar dipertimbangkan dalam pemakaiannya.
c. Rumusan kesimpulan atau generalisasi itu harus sah/valid dan merupakan konsekuensi logis dari data, fakta, bukti yang ada (Keraf, 2004).

Latihan:
1. Perhatikan dan pahami paragraf argumentatif berikut!
Jika data yang diberikan South ini sahih, maka penduduk Jakarta sebenarnya sedang mengalami krisis air minum. Malah, majalah itu juga menyebutkan bahwa cuma 10% saja penduduk Jakarta yang bisa menikmati air bersih. Selebihnya bisa jadi menikmati air yang sarat dengan bakteri coli itu. Tidakkah ini menunjukkan bahwa kondisi sungai di Jakarta memang sudah parah. Terutama jika dikaitkan dengan kebutuhan air minum yang bakal terus meningkat hingga tahun 2010 nanti, sesuai dengan pertambahan penduduk Jakarta.

2. Lakukan identifikasi terhadap contoh paragraf argumentatif tersebut! Perhatikan poin-poin berikut!
a. Kalimat utama dan rangkaian kalimat penjelas dalam paragraf!
b. Hubungan antarkalimat (kausalitas, rincian, perbandingan, dan lainnya)
c. Penggunaan kata-kata tugas dalam paragraf!
d. Dukungan data dalam kalimat utama dan rangkaian kalimat penjelas!
3. Baca dan pahami teks berikut! Selanjutnya lakukan identifikasi terhadap paragraf argumentatif yang digunakan, baik pada peletakan kalimat utama serta pola pengembangannya!

Dampak Pemanasan Global Mengerikan

Pemanasan global merupakan sesuatu yang tak terbantahkan lagi dan dapat menimbulkan dampak sangat mengerikan. Demikian salah satu pernyataan dalam laporan terakhir Panel PBB untuk Perubahan Iklim atau United Nations Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) yang diumumkan di Valencia, Sabtu (19/11).

Sekretaris Jendral PBB, Ban Ki Moon menantang pemerintah negara-negara di seluruh dunia untuk melakukan aksi nyata mengatasi ancaman tersebut. Ia mengajak para pengambil kebijakan untuk merespon temuan ini dalam konferensi perubahan iklim di Bali yang digelar awal Desember 2007. ”Sangat mendesak, usaha global harus dilakukan”, ujar Ban Ki-Moon. Ia berharap para pengambil kebijakan dari seluruh dunia dapat merespon temuan ini dalam konferensi perubahan iklim yang akan digelar di Bali mulai 3 Desember 2007.

Mengerikan
Laporan tersebut menyebut manusia sebagai penyebab utama pemanasan global. Emisi gas rumah kaca mengalami kenaikan 70 persen antara 1970 hingga 2004. Konsentrasi gas karbondioksida di atmosfer jauh lebih tinggi dari kandungan alaminya dalam 650 ribu tahun terakhir.

Rata-rata temperatur global telah naik 1,3 derajat Fahrenheit (setara 0,72 derat Celcius) dalam 100 tahun terakhir. Muka air laut mengalami kenaikan rata-rata 0,175 centimeter setiap tahun sejak 1961. Sekitar 20 hingga 30 persen spesies tumbuhtumbuhan dan hewan berisiko punah jika temperatur naik 2,7 derajat Fahrenheit (setara 1,5 derajat Celcius). Jika kenaikan temperatur mencapai 3 derajat Celcius, 40 hingga 70 persen spesies mungkin musnah.
polusi pabrik

Meski negara-negara miskin yang akan merasakan dampak sangat buruk, perubahan iklim juga melanda negara maju. Pada 2020, 75 juta hingga 250 juta penduduk Afrika akan kekurangan sumber air, penduduk kota-kota besar di Asia akan berisiko terlanda banjir dan rob. Di Eropa, kepunahan spesies akan ekstensif. sementara di Amerika Utara, gelombang panas makin lama dan menyengat sehingga perebutan sumber air akan semakin tinggi.

Kondisi cuaca ektrim akan menjadi peristiwa rutin. Badai tropis akan lebih sering terjadi dan semakin besar intensitasnya. Gelombang panas dan hujan lebat akan melanda area yang lebih luas. Risiko terjadinya kebakaran hutan dan penyebaran penyakit meningkat.

Sementara itu, kekeringan akan menurunkan produktivitas lahan dan kualitas air. Kenaikan muka air laut akan memicu banjir lebih luas, mengasinkan air tawar, dan menggerus kawasan pesisir.
(Sumber: http://www.fishyforum.com, 27 November 2007)


4. Buat sebuah paragraf argumentasi dengan tema IPTEK dan tahapan sebagai berikut!
a. Secara klasikal, ingat kembali ciri-ciri argumentasi.
b. Secara klasikal, data topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentasi.
c. Secara individual, pilih topik yang akan dikembangkan menjadi paragraf argumentasi. Kemudian, daftar gagasan yang merupakan sebab atau akibat dalam kaitannya dengan pokok yang akan ditulis.
d. Secara individual, rangkaikan pokok pembicaraan dengan rincian generalisasi.
f. Secara individual, tulis paragraf argumentasi dengan memperhatikan pola pengembangannya.
g. Secara kolaboratif, berbagi dengan teman, sunting paragraf dengan memperhatikan penggunaan ejaan, tanda baca, pilihan kata, struktur kalimat, dan kepaduan paragrafnya.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.