Pengertian Statistika

Statistika sangat erat kaitannya dengan data. Oleh karena itu, sebelum dijelaskan mengenai pengertian statistika, terlebih dahulu akan dijelaskan mengenai data. Misalkan, dilakukan penimbangan berat badan terhadap 10 siswa Kelas XI. Hasil penimbangan disajikan pada tabel berikut.

tabel berat badan siswa
Perhatikan Tabel diatas, 60 kg merupakan berat badan seorang siswa yang dinamakan datum, sedangkan hasil seluruh penimbangan terhadap sepuluh orang siswa disebut data.
Berdasarkan data Tabel diatas, diperoleh data hasil pengukuran berat badan sebagai berikut.
  • Berat badan terkecil adalah 48 kg.
  • Berat badan terbesar adalah 72 kg.
  • Berat badan rata-rata adalah 60 kg.
  • 10% dari sepuluh siswa beratnya lebih dari 70 kg.
Statistik diperoleh dari perhitungan atau pengolahan terhadap data yang dicatat. Statistik yang lengkap dapat menjadi informasi yang berguna bagi banyak pihak, misalnya perusahaan, pemerintah, masyarakat, atau suatu organisasi. Umumnya statistik disajikan dalam bentuk tabel dan diagram agar mudah untuk dibaca, dipahami, dan lebih mudah untuk dianalisis.

Metode pengumpulan data, penyusunan data, pengolahan atau pemrosesan data, analisa, dan penarikan kesimpulan disebut Statistika.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.

Note: Only a member of this blog may post a comment.