9/24/2013

Histogram dan Poligon Frekuensi

Dari tabel distribusi frekuensi kelompok, dapat dibuat histogram dan poligon frekuensi. Histogram adalah penyajian distribusi frekuensi menggunakan gambar yang berbentuk diagram batang tegak.
Pada histogram, antara dua batang yang berdampingan tidak terdapat jarak sehingga antara satu batang dan batang lainnya berimpit. Sumbu tegak pada histogram menyatakan frekuensi dan sumbu datar menyatakan kelas-kelas interval. Dalam hal ini, batas kelas interval merupakan tepi bawah dan tepi atas. Jika setiap tengah-tengah sisi atas persegi panjang yang berdampingan dihubungkan dengan suatu garis, akan terbentuk diagram garis yang disebut poligon frekuensi. Untuk lebih memahaminya, Anda pelajari contoh soal berikut ini.

Contoh Soal 
Membuat Histogram dan Poligon Frekuensi
Dengan menggunakan data pada tabel berikut, buatlah histogram dan poligon frekuensi dari data tersebut.

Membuat Histogram dan Poligon Frekuensi


Penyelesaian:
Dengan menggunakan daftar distribusi frekuensi kelompok serta nilai tepi atas dan tepi bawah interval (Tabel berikut), didapat histogram dan poligon frekuensi sebagai berikut.

Daftar Distribusi Frekuensi Kelompok
Daftar Distribusi Frekuensi Kelompok
Histogram dan Poligon Frekuensi
Histogram dan Poligon Frekuensi

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.