9/30/2013

Ogif Positif dan Ogif Negatif

Perhatikan kembali tabel distribusi frekuensi kumulatif kurang dari seperti pada tabel berikut.

Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif Kurang dari
Tabel Distribusi Frekuensi
Kumulatif Kurang dari


Dari tabel di atas tampak 4 siswa nilainya lebih kecil daripada 70,5. Adapun 38 siswa nilainya lebih kecil daripada 80,5, dan seterusnya. Bagaimana dengan yang nilainya lebih kecil dari 75? Tabel diatas tidak memberikan informasi berapa banyak siswa yang nilainya lebih kecil dari 75.
Untuk mengatasi masalah ini, kita harus menggambar suatu kurva mulus yang dikenal sebagai kurva frekuensi kumulatif kurang dari atau ogif positif. Caranya dengan menggambarkan setiap frekuensi kumulatif kurang dari terhadap nilai-nilai, seperti ditunjukkan pada Gambar berikut.

Kurva frekuensi kumulatif kurang dari (ogif positif)
Kurva frekuensi kumulatif
kurang dari (ogif positif)
Dari Gambar diatas, Anda dapat menaksir ada 30 siswa yang memiliki nilai lebih kecil dari 75. Dengan cara yang sama, Anda dapat menggunakan kurva ini untuk menaksir banyak siswa yang nilainya lebih kecil daripada nilai tertentu lainnya.

Dari tabel frekuensi kumulatif lebih dari, Anda juga dapat menggambar kurva mulus, yaitu kurva frekuensi kumulatif lebih dari atau ogif negatif. Caranya, dengan membuat grafik frekuensi kumulatif lebih dari (perhatikan Tabel dibawah ini) terhadap nilai-nilai, seperti ditunjukkan pada Gambar berikut ini.

Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif Lebih dari
Tabel Distribusi Frekuensi
Kumulatif Lebih dari

Kurva frekuensi kumulatif lebih dari (ogif negatif)
Kurva frekuensi kumulatif lebih
dari (ogif negatif)
Dari Gambar diatas, Anda dapat menaksir bahwa 47 siswa memiliki nilai lebih besar dari 65. Dengan cara yang sama, Anda dapat menggunakan kurva ini untuk menaksir banyak siswa yang nilainya lebih besar daripada nilai tertentu lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.