9/02/2013

Penyajian Data dalam Bentuk Tabel

Skema umum sebuah tabel.
Skema umum sebuah tabel.
Data yang disajikan dalam bentuk tabel atau daftar akan lebih mudah dibaca dan dipelajari. Salah satu bentuk tabel yang paling umum digunakan adalah tabel distribusi frekuensi. Skema umum suatu tabel tampak pada Gambar di atas ini. Perhatikan Tabel berikut secara saksama. Tabel tersebut merupakan salah satu tabel yang menyajikan jumlah siswa di suatu SMA pada tahun 2000.

Jumlah Siswa di SMA Tunas Harapan Tahun 2000
Jumlah Siswa di SMA Tunas Harapan Tahun 2000
Data kuantitatif dengan ukuran data yang cukup besar dapat dibuat menjadi beberapa kelompok. Data dengan sifat tersebut biasanya disajikan dalam tabel distribusi frekuensi, seperti pada Tabel dibawah ini.

NEM dari 8 SMA di Kota B Tahun 2000
NEM dari 8 SMA di Kota B
Tahun 2000
Kolom pertama suatu distribusi frekuensi disebut kelas. Dalam hal ini, kelas pada Tabel diatas adalah kolom NEM. Kolom kedua pada distribusi frekuensi menyatakan frekuensi. Dalam hal ini, kolom kedua Tabel diatas menyatakan banyaknya siswa. Dari tabel tersebut, Anda dapat melihat bahwa terdapat 346 siswa dengan NEM berkisar antara 21 dan 30. Cara membuat tabel distribusi frekuensi, akan dijelaskan pada postingan berikutnya.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.