2/20/2014

Kawasan Amerika Utara

Secara astronomis, Benua Amerika terletak antara 10°/35°BB – 170°BB dan antara 83°LU – 55°LS. Dengan demikian, benua ini memiliki 8 daerah waktu.

Karakteristik Kawasan Amerika Utara
Karakteristik Kawasan Amerika Utara
Secara geografis, Benua Amerika dikelilingi samudra-samudra dan laut-laut sebagai bagian dari samudra-samudra itu. Di sebelah barat benua ini terdapat Samudra Pasifik atau Lautan Teduh dengan laut tepi-laut tepinya, seperti Selat Bering, Laut Bering, Teluk Alaska, Teluk California, Teluk Panama, dan Selat Magelhaes. Di sebelah timur benua ini dibatasi oleh Samudra Atlantik, serta beberapa laut tepinya. Di bagian utara berbatasan dengan Laut Arktik. Di ujung utara benua ini bertetangga dekat dengan Benua Asia yang dipisahkan hanya dengan selat sempit, yaitu Selat Bering.
Peta Amerika Utara (Sumber: Atlas Indonesia & Dunia)
Peta Amerika Utara
(Sumber: Atlas Indonesia & Dunia)

Bagian barat Benua Amerika, dari utara sampai ujung selatan, termasuk ke dalam deretan pegunungan muda Sirkum Pasifik. Di Amerika Utara pegunungan ini dinamakan Rocky Mountains dan di Amerika Selatan dinamakan Cordilleras. Sedangkan di pantai timurnya dihiasi beberapa kelompok pegunungan tua yang terbentuk pada zaman Paleozoikum. Di Amerika Selatan kita jumpai pegunungan tua, yaitu Dataran Tinggi Guyana. Di bagian tenggara benua ini terhampar Dataran Tinggi Brasilia.

Berdasarkan bentuk daratannya, Benua Amerika terbagi ke dalam dua region, yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan. Mengenai batas antara kedua wilayah itu terdapat dua versi pendapat.
  1. Pendapat yang menyatakan bahwa Tanah Genting (Ismuth) Tehuantepeclah yang menjadi pembatasnya. Daerah pembatas ini diapit oleh Teluk Campeche di Meksiko dan teluk Tehuantepec di Pantai Lautan Teduh.
  2. Pendapat lain menyatakan bahwa batas antara region Amerika Utara dengan Amerika Selatan adalah Ismuth Panama, yang merupakan bagian tersempit di Amerika Tengah. Batas yang terakhir inilah yang dewasa ini lebih populer.

Selain berdasarkan bentuk daratannya, terdapat pula pembagian-pembagian lainnya, yaitu sebagai berikut.

1) Berdasarkan perbedaan kebudayaannya, Amerika terbagi ke dalam dua region, yaitu Anglo Amerika dan Amerika Latin yang batasnya terdapat antara Amerika Serikat dengan Meksiko.

2) Berdasarkan elevasi dan iklim terbagi ke dalam tiga region, yaitu:
a) tierra caliente atau daerah panas,
b) tierra templada atau daerah sejuk, dan
c) tierra fria atau daerah dingin.

3) Berdasarkan pemerintahannya, pembagian region ini sifatnya mutlak, dengan perbatasan ditetapkan atas dasar perjanjian kedua negara.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.