2/11/2014

Kondisi Geografis Kanada

a. Batas-batas kawasan
Kondisi Geografis kawasan Kanada paling selatan berada pada lintang 42°LU dan paling utara pada 72°LU. Batas-batasnya adalah sebagai berikut:
  1. Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Atlantik.
  2. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik Utara dan Alaska.
  3. Sebelah selatan berbatasan dengan Amerika Serikat.
  4. Sebelah timur berbatasan dengan Greenland dan Samudra Atlantik Utara.
Peta Kanada (Sumber: World Book, 2006)
Peta Kanada
(Sumber: World Book, 2006)
b. Bentang alamnya
Kanada merupakan negara terluas di Amerika Utara yaitu sekitar 9.250.000 km2. Pantai utara negeri ini hampir tak pernah cair lautnya, kecuali teluk Hudson. Pantai barat Kanada merupakan hasil erosi glasial, sehingga berteluk sempit yang menjorok ke darat (fyord). Pantai timur Kanada merupakan teluk St. Lawrence yang diapit dataran tinggi Labrador di utara dengan ujung utara pegunungan Applachia di selatan teluk itu. Tepat di muka muara yang berbentuk corong (estuarium) itu terletak pulau New Founland.

Secara morfologis, kita bagi wilayah Kanada itu terbagi atas tiga bagian, yaitu: kawasan pegunungan Rocky, kawasan dataran rendah sekitar teluk Hudson, dan sisanya adalah kepulauan di Laut Arktik.

c. Lokasi (iklim, flora, fauna)
Secara umum, kawasan Kanada terbagi ke dalam beberapa wilayah, yaitu:
  1. iklim laut, di wilayah Ontario selatan dan lembah St. Laurence;
  2. iklim pasifik merupakan iklim lunak di Kanada;
  3. iklim pegunungan terdapat di pegunungan Rocky Mountains, lembah dan plato;
  4. iklim kontinental terdapat di kawasan sub arktik;
  5. iklim kontinental wilayah Atlantik dan padang rumput; dan
  6. iklim arktik terjadi di kepulauan arktik dan ujung utara dataran utama Kanada.

d. Keadaan penduduk
Sebagian besar penduduk yang tinggal di sana adalah keturunan Inggris (50%) dan Prancis (30%). Selebihnya adalah keturunan Jerman, Skandinavia, Belanda, Polandia, Italia, Cina, dan Jepang. Juga, ada di antaranya adalah penduduk Eskimo dan Indian.

e. Potensi ekonomi dan kegiatan perekonomian penduduk
Berdasarkan regionnya, potensi dan kegiatan perekonomian penduduk Kanada terbagi ke dalam dua daerah.

1) Daerah Pegunungan Rocky
Daerah ini kaya akan bahan galian, seperti: batubara, (di dekat Fernie), tembaga (di Britania Beach dan Kootenay), timah hitam dan seng (di Kootenay), dan emas (di bagian utara British Kolombia). Kota industrinya terletak di Trail.

2) Daerah perisai Kanada (Fennno Scandian Shield)
Daerah ini kurang baik untuk pertanian, karena tanahnya tipis, habis terkikis es. Akan tetapi batuannya kaya akan mineral berharga, seperti: Nikel, tembaga, kobalt, dan perak (di Sudbudry, Ontario), emas (di daerah Timmin, Porcupine, dan di sekitar danau Kirkland), asbes (di Theaford), uranium (di daerah sungai Bind), bijih besi (di daerah Labrador).

 Sungai-sungai yang merupakan anak sungai St. Lawrence memiliki potensi pembangkit tenaga listrik berkekuatan tinggi. Sungai-sungai tersebut adalah S. Ottawa, S. Gatineau, S. St. Maurice, S. Saguenay. Dengan tenaga listrik itulah, Kanada mengembangkan industrinya di daerah aliran S. St. Lawrence, yaitu: industri alumunium, kertas, pulp, dan penggergajian kayu.

2 comments:

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.