3/01/2014

Kondisi Geografis Negara Prancis

1) Batas-batas Kawasan

Republik Prancis, demikian nama resminya, terletak di posisi geografis antara 42°20’ LU – 51°05’ LU dan antara 8°10’ BT – 5°55’ BB, dengan batas-batas sebagai berikut.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Tengah, Andora, dan Spanyol.
  • Sebelah utara berbatasan dengan Selat Inggris (Chanel), Belgia, dan Luxemburg.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Teluk Biscaye.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Jerman, Swiss, dan Italia.

2) Bentang Alamnya

Peta Negara Prancis (Sumber: World Book, 2006Negara yang luas wilayahnya 543.965 km2 ini, lebih dari setengahnya bagian selatan dan timur merupakan dataran tinggi dan pegunungan. Daratan Prancis bagian barat merupakan dataran rendah yang luas, tempat mengalirnya Sungai Seine dan Sungai Loire. Di daerah ini terdapat pula sebuah lembah yang sangat luas, dikenal dengan Cekungan Paris yang luasnya sekitar 75.000 km2. Bagian barat daya Prancis terdapat cekungan yang berbentuk segitiga, yaitu Tanah Rendah Guyenne, daerah Pasir Landes, dan Lembah Naurouze.

3) Lokasi (Iklim dan Vegetasi)

Karena garis 40°LU melintang hampir di tengah wilayah Prancis, maka negara yang dikenal dengan sebutan Negeri Mode Dunia ini dipengaruhi dua jenis iklim yang berbeda. Bagian utara garis itu beriklim Laut Sedang yang basah, sedangkan bagian selatannya beriklim Laut Tengah. Pada musim panas, udara sangat panas, musim dinginnya terasa sejuk dan hujan turun pada musim dingin.

Jenis vegetasi yang ada di kawasan Prancis, antara lain:
  • beech berada di wilayah utara dan tengah;
  • semak-belukar yang tahan kering, myrtee, juga zaitun liar, terdapat di daerah mediterania (selatan);
  • aneka jenis pohon pinus tumbuh di pantai selatan;
  • larch tersebar di daerah Biancon dan Champsaur di pegunungan Alpen;
  • jenis-jenis hutan lainnya yang terdapat di Alsace, Franche-Comte, Burgundy, Pegunungan Alpen, dan daerah Guyenne.

4) Keadaan penduduk

Pada tahun 1989 penduduk Prancis berjumlah 55,8 juta jiwa dengan kepadatan 103/km2. Angka pertumbuhan rata-rata 0,4% per tahun. Penyebaran penduduk sebagian besar berada di perkotaan, sekitar 70%.
Penduduk Prancis terdiri dari etnis Nordik (di bagian utara), etnis Alpen (di bagian timur), dan etnis Mediterania (di bagian selatan). Agama yang dianut penduduk adalah: Katolik Roma, Kristen Protestan, Yahudi dan Islam.


5) Potensi ekonomi dan kegiatan perekonomian penduduk

Prancis adalah negara penghasil bijih besi terbesar di Eropa. Hasil tambang yang penting lainnya adalah: batubara, gas alam, minyak bumi, bauksit, dan belerang. Prancis tergolong ke dalam negara industri maju, terutama industri besi baja, industri penyulingan minyak, dan industri mobil dan pesawat terbang.

Lebih dari setengah tanah pertaniannya digunakan untuk penanaman bahan-bahan buah-buahan dan biji-bijian. Tak heran apabila negara ini tergolong ke dalam penghasil anggur terbesar kedua dan produsen gandum terbesar dunia.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.