4/28/2014

Kaki dari Cecak atau Tokek

Jika kelelawar mempunyai ciri khusus pada bentuk sayap dan kemampuan ekolokasinya, cecak atau tokek pun mempunyai ciri khusus yang tidak kalah uniknya. Apakah kemampuan atau ciri khusus cecak atau tokek tersebut?
Cecak merayap di dinding dengan mudahnya
Cecak merayap
di dinding dengan mudahnya

Pernahkah kamu memperhatikan cecak atau tokek yang sedang merayap leluasa di area dinding? Mengapa hewan cecak dapat merayap dengan leluasa di dinding atau langit-langit rumah dan tidak terjatuh? Hobi cecak maupun tokek untuk merayap di daerah dinding dan langit-langit ini bukannya tanpa alasan. Makanan cecak dan tokek adalah serangga-serangga kecil seperti nyamuk, lalat, dan laron. Semua makanan cecak tersebut adalah makhluk yang dapat terbang. Nah, untuk memudahkan kegiatan mencari makan inilah, cecak harus merayap di dinding atau langit-langit rumah. Sekali lagi kita ditunjukkan betapa besar kuasa Tuhan. Dia selalu memberikan kemampuan khusus kepada ciptaan-Nya agar bisa bertahan hidup.


Guratan-guratan yang lengket pada kaki cecak
Guratan-guratan
yang lengket pada kaki cecak

Cecak juga tokek tidak terjatuh sewaktu merayap dikarenakan pada telapak kakinya terdapat lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket dan tampak seperti guratan-guratan. Dengan adanya telapak kaki khusus inilah, cecak atau tokek dapat merayap dengan leluasa di area dinding dan langit-langit tanpa takut akan terjatuh.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.