4/29/2014

Punuk pada Unta

Setelah kelelawar, cecak, bunglon, sekarang kita akan mencari tahu apa ciri dan keistimewaan yang dimiliki oleh unta. Pernahkah kamu melihat unta? Jika belum pernah melihat langsung, pastinya kamu pernah melihat gambar unta.

Unta adalah hewan yang hidup di padang pasir yang kering dan gersang. Unta banyak hidup di negara seperti Mesir, Saudi Arabia yang merupakan negara padang pasir. Unta mampu melakukan perjalanan panjang dan sanggup untuk tidak makan dan minum selama berhari-hari. Hebat, bukan?

Tahukah kamu mengapa unta bisa melakukan keajaiban ini? Unta dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum selama berhari-hari karena Tuhan Yang Maha Esa menganugerahkan punuk pada punggungnya. Ada unta yang mempunyai satu punuk dan ada juga unta yang mempunyai dua buah punuk. Punuk unta berisi lapisan lemak yang menjadi tempat penyimpanan cairan sebagai cadangan makanan. Pada saat perjalanan jauh, unta menggunakan lemak pada punuknya sebagai sumber energi. Oleh sebab itulah, apabila cadangan lemak di punuk unta habis terpakai, punuk menjadi mengerut dan lemas. Perut unta yang besar dapat menyimpan rumput dan air dalam jumlah yang sangat besar. Sekali minum, unta bisa menghabiskan sekitar 57 liter air.


Unta mampu hidup di padang pasir yang gersang karena mempunyai cadangan makanan yang disimpan di punuknya
Unta mampu hidup di padang
pasir yang gersang karena mempunyai
cadangan makanan yang disimpan di
punuknya

Selain punuk dan perut, unta juga dianugerahi keistimewaan lain. Apa sajakah itu? Karena hidup di padang pasir, unta memiliki bulu mata yang panjang. Bulu mata panjang ini berguna untuk melindungi mata unta dari terpaan pasir yang beterbangan. Unta juga bisa menutup lubang hidungnya, sehingga apabila terjadi badai, pasir tidak masuk ke hidungnya. Padang pasir merupakan medan yang sangat berat. Sebagai modal agar bisa menempuh perjalanan jauh, unta mempunyai tapak kaki yang tebal.

Untuk menghemat cairan, unta tidak mengeluarkan keringat sama sekali. Unta juga mengeluarkan sedikit kotoran. Hebatnya lagi, cairan yang keluar dari lubang hidung unta bisa disalurkan kembali ke mulutnya. Benar-benar efisien, ya!

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.