Rongga Udara Batang Teratai

Selain hewan, tumbuhan ternyata juga mempunyai ciri-ciri khusus. Ciri-ciri khusus tiap-tiap tumbuhan berbeda antara satu dengan lainnya. Sekali lagi kita diberi kesempatan untuk melihat kebesaran Tuhan yang mampu menciptakan beraneka ragam hewan dan tumbuhan dengan ciri-ciri khusus yang menakjubkan. Yuk, kita pelajari beberapa jenis tumbuhan dengan ciri-ciri khususnya

Teratai adalah tumbuhan yang hidup di air atau sebagai tanaman air. Tahukah kamu bagaimana caranya sehingga teratai dapat tumbuh di air? Apabila kamu perhatikan, bunga teratai nampak indah mengapung di atas permukaan air. Meskipun bunganya mengapung, sebenarnya akar bunga teratai berada di dasar air. Jadi, jelaslah bahwa bunga teratai tidak semata mengambang di atas air, melainkan tumbuh dari dasar air. Tangkai daun cenderung tumbuh menjalar, sehingga helai daun selalu terlihat mengapung. Teratai memiliki daun berbentuk bundar dan berukuran sangat lebar. Daun yang bundar dan lebar ini berguna untuk menyerap cahaya sebanyakbanyaknya, memudahkan penguapan air, dan melakukan fotosintesis.

Teratai mempunyai daun bundar lebar untuk memudahkan penguapan dan proses fotosintesis
Teratai mempunyai daun
bundar lebar untuk memudahkan
penguapan dan proses fotosintesis

Tangkai bunga teratai tumbuh tegak, sehingga bunga-bunga teratai dapat muncul dan menyembul keluar dari permukaan air. Teratai memiliki batang dengan ruang udara kecil di dalamnya. Rongga-rongga udara ini berfungsi membawa oksigen ke batang dan akar. Batang yang mempunyai rongga udara ini juga membantu teratai untuk tetap tegak dan mengapung di atas permukaan air. Walaupun batang dan akarnya berada di dalam air, dengan adanya rongga-rongga udara pada batang, teratai tetap dapat bernapas.