5/05/2014

Perkembangbiakan Hewan secara Vegetatif

Berkembang biak merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup. Yang dimaksud dengan berkembang biak adalah terjadinya individu baru (anak) pada makhluk hidup yang bertujuan untuk melestarikan jenisnya.

Hewan melakukan perkembangbiakan dengan tujuan untuk melestarikan jenisnya. Cara perkembangbiakan hewan ada 2 cara, yaitu:
  • secara vegetatif (tanpa melalui proses perkawinan), contoh membelah diri dan bertunas;
  • secara generatif (dengan melalui proses perkawinan), contoh bertelur (ovipar), melahirkan (vivipar), dan bertelur-melahirkan (ovovivipar).

Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang perkembangbiakan hewan secara vegetatif terlebih dahulu sedangkan pembahasan mengenai perkembangan hewan secara generatif akan kita bahas pada postingan berikutnya.

Tahukah kamu hewan apa yang nampak pada gambar di bawah? Bagaimana juga cara hewan itu berkembang biak?

Amuba berkembang biak dengan membelah diri
Amuba berkembang biak dengan
membelah diri

Membelah diri dan bertunas merupakan cara perkembangbiakan hewan tanpa melalui proses perkawinan atau secara vegetatif. Perkembangbiakan secara vegetatif dilakukan oleh hewan-hewan tingkat rendah (sangat sederhana). Contoh hewan yang berkembang biak dengan membelah diri adalah jenis Protozoa, yaitu hewan yang bersel satu. Contoh Protozoa antara lain Amuba, Paramesium, Cilliata, dan Flagellata.

a. Membelah Diri pada Protozoa

Pembelahan diri pada Protozoa (a) bagian sel protozoa, (b) dan (c) inti sel membulat dan memanjang, (d) terbagi menjadi 2 inti sel yang sama
Pembelahan diri pada Protozoa (a) bagian
sel protozoa, (b) dan (c) inti sel membulat dan memanjang,
(d) terbagi menjadi 2 inti sel yang sama

Perhatikan perkembangbiakan dengan cara membelah diri pada Protozoa seperti ditunjukkan pada diatas. Protozoa adalah hewan bersel satu, sehingga ukurannya sangat kecil dan tidak dapat dilihat tanpa menggunakan mikroskop. Protozoa hidup di tempat yang berair (basah). Sel Protozoa terdiri atas dinding sel, sitoplasma (cairan sel), dan inti sel (nukleus).

Perkembangbiakan pada Protozoa diawali dengan membulat dan memanjangnya inti sel. Setelah inti cukup panjang, sitoplasma bagian tengah mengecil. Kemudian inti terpisah menjadi dua dan sitoplasma akhirnya terputus dan terpisah sehingga terbentuklah Protozoa baru.

b. Tunas pada Hydra

Contoh hewan yang berkembang biak dengan tunas adalah Hydra dan Anemon laut. Hydra merupakan hewan bersel banyak. Hydra hidup di air. Perkembangbiakan pada Hydra diawali dengan tumbuhnya tunas kecil pada bagian tubuh Hydra dewasa. Tunas semakin membesar dan tumbuh menjadi hewan baru yang melekat pada induknya.

Setelah tunas membesar dan dapat menangkap makanan sendiri, maka tunas akan melepaskan diri dari induknya dan menjadi Hydra baru yang bebas.

Hydra berkembang biak dengan tunas
Hydra berkembang
biak dengan tunas

Info Sains

Fragmentasi pada Planaria (Cacing Pipih)

Perkembangbiakan secara vegetatif pada hewan selain dengan membelah diri dan bertunas, juga dilakukan dengan cara lain, yaitu dengan fragmentasi. Fragmentasi adalah perkembangbiakan dengan cara memutuskan (pemisahan) tubuhnya. Setiap bagian tubuh yang terputus tumbuh menjadi individu baru.

Fragmentasi pada planaria
Fragmentasi pada planaria


Salah satu hewan yang dapat berkembang biak dengan fragmentasi adalah planaria (sejenis cacing pipih). Gambar di samping menunjukkan proses fragmentasi pada planaria.

Perkembangbiakan secara vegetatif hanya membutuhkan satu individu dan sifat anak sama dengan sifat induknya.


0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.