4/30/2014

Tumbuhan Gurun

Apabila tadi kamu belajar ciri-ciri khusus hewan yang hidup di gurun, sekarang mengamatilah apa saja ciri yang dimiliki oleh tumbuhan yang hidup di gurun. Tahukah kamu tumbuhan apa yang banyak terdapat di gurun atau daerah padang pasir? Coba kamu sebutkan!

Tumbuhan kaktus merupakan tumbuhan yang mampu bertahan hidup di tengah daerah padang pasir yang panas dan kering. Lalu bagaimana cara kaktus bisa bertahan hidup di daerah yang sulit seperti itu? Rahasianya ternyata terdapat pada akar. Kaktus mempunyai akar yang panjang dan menyebar. Akar kaktus yang panjang masuk jauh ke dalam tanah dan menyebar ke banyak tempat. Akar-akar ini kemudian menghisap air sebanyak-banyaknya dan menyimpannya di dalam batang.

Akar, batang, dan daun kaktus
Akar, batang, dan daun kaktus

Batang kaktus merupakan tempat yang ideal untuk menyimpan air karena dilindungi oleh kulit yang tebal, sehingga tidak mudah kehilangan air karena penguapan. Ketika musim hujan turun, batang kaktus akan membengkak karena menyimpan banyak air. Sedangkan pada musim kering, batang kaktus akan mengerut secara perlahan-lahan seiring dengan persediaan air yang menipis. Air yang disimpan oleh batang pada saat musim hujan inilah yang menjadi sumber kehidupan kaktus ketika mengarungi musim kering.

Untuk menghindari kehilangan air dalam jumlah yang banyak karena penguapan, daun-daun kaktus berbentuk duri yang terletak pada batangnya. Duri ini juga berfungsi untuk melindungi kaktus dari gangguan hewan-hewan lain.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.