Keseimbangan Ekosistem

Dalam hidupnya, makhluk hidup berhubungan dengan makhluk hidup yang lain dan benda-benda mati yang ada di sekitarnya. Makhluk hidup juga membutuhkan tempat untuk hidup. Tempat hidup dari makhluk hidup untuk melakukan segala kegiatan hidupnya disebut habitat.

Makhluk hidup beserta segala sesuatu yang berada di sekitarnya dapat membentuk ekosistem. Komponen penyusun ekosistem terdiri atas lingkungan biotik dan abiotik.

Keseimbangan Ekosistem Hutan
Keseimbangan Ekosistem Hutan

Ekosistem merupakan kesatuan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Dengan demikian, sebuah ekosistem terdiri atas beberapa bagian, di mana tiap bagian saling berhubungan sehingga membentuk suatu kesatuan. Suatu ekosistem dapat berukuran kecil, misalnya kolam dan berukuran besar, misalnya hutan dan laut. Berdasarkan proses terbentuknya, ekosistem dibagi menjadi dua, yaitu ekosistem alami (hutan) dan ekosistem buatan (kolam). Berdasarkan tempatnya, ekosistem dibagi menjadi dua yaitu ekosistem darat dan ekosistem air. Di dalam ekosistem, makhluk hidup dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Apabila di dalam ekosistem terjadi perubahan, maka seluruh makhluk hidup yang berada dalam ekosistem itu juga ikut berubah. Dapat dikatakan bahwa keseimbangan ekosistem tersebut telah terganggu.

Keseimbangan Ekosistem Laut
Keseimbangan Ekosistem Laut

Ada beberapa faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem. Perubahan keseimbangan ekosistem ini sebagian besar disebabkan oleh kegiatan yang dilakukan manusia. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh manusia yang akan menyebabkan terjadinya perubahan keseimbangan ekosistem. Kegiatan-kegiatan tersebut akan dibahas pada postingan berikutnya.