8/10/2014

Faktor Penentu Pemilihan Bahan

1. Sifat Bahan

Untuk menghasilkan benda tertentu. Faktor penentu pemilihan bahan menjadi suatu hal yang penting. Untuk menghasilkan benda tertentu dapat dipilih sifat bahan yang sesuai dengan kegunaan benda. Sifat-sifat bahan antara lain keras, kuat, lentur, berat, dapat/tidak menyerap air. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat benda antara lain logam, kayu, karet, dan plastik. Dari sifat bahan-bahan itulah dimanfaatkan untuk membuat benda.

 

a. Logam dan Kayu

Tahukah kamu, benda-benda apa saja yang terbuat dari bahan logam atau kayu? Hampir semua peralatan rumah tangga menggunakan bahan logam dan kayu. Sifat-sifat logam yang sering digunakan antara lain:
  • besi bersifat berat, keras, dapat berkarat;
  • aluminium bersifat ringan, keras, tidak berkarat;
  • tembaga bersifat lentur dan tidak berkarat.
Rangka sepeda terbuat
dari logam atau besi

Selain logam, kayu juga memiliki sifat yang keras dan kuat, sehingga digunakan untuk membuat berbagai perabotan rumah tangga, seperti kursi, lemari, meja. Perabotanperabotan ini harus kuat agar dapat menahan beban berat di atasnya.

Logam dan kayu memiliki persamaan sifat, yaitu kuat dan keras. Perbedaan sifat logam dan kayu adalah:
  • logam lebih berat dan tidak dimakan rayap,
  • kayu lebih ringan dan tidak berkarat.

Peralatan rumah tangga terbuat dari kayu
Peralatan rumah tangga
terbuat dari kayu
Coba kamu data nama peralatan atau perabotan yang ada di rumah dan di sekolahmu. Tulis terbuat dari bahan apa peralatan atau perabotan tersebut. Buatlah tabel seperti berikut ini!

Tabel Benda dan Bahan Pembuatnya
Tabel Benda dan Bahan Pembuatnya

b. Karet dan Plastik

Pernahkah kamu bermain karet gelang atau karet ban? Mengapa benda-benda itu kalau dilipat atau ditarik tidak patah?

Hal itu dapat terjadi karena karet memiliki sifat yang sangat lentur atau elastis sehingga menyebabkan karet tidak mudah patah saat dilipat, dibengkokkan, atau ditarik.

Sifat lentur juga dimiliki oleh sebagian plastik walaupun tidak selentur karet. Dan sebagian lagi ada yang mudah patah jika dilipat atau dibengkokkan.

Selain bersifat lentur, karet dan plastik juga memiliki sifat tidak menyerap air atau tidak tembus air. Jadi, karet dan plastik memiliki persamaan sifat, yaitu lentur dan tidak menyerap air. Perbedaan sifatnya adalah karet tidak mudah patah dan plastik mudah patah.

2. Kegunaan Bahan

Pernahkah kamu melihat ember yang digunakan untuk mengangkat air terbuat dari bahan kain atau pisau terbuat dari bahan karet? Mengapa ember terbuat dari bahan plastik dan pisau terbuat dari bahan besi atau baja?

Pemilihan bahan harus disesuaikan dengan kegunaan benda. Tujuannya adalah agar benda tersebut dapat berfungsi dengan baik.

 Coba kalian diskusikan dengan temanmu tentang hal-hal berikut.
  1. Setrika yang terbuat dari bahan plastik , kayu, dan logam.
  2. Meja yang terbuat dari karet, plastik, dan logam.
  3. Piring yang terbuat dari bahan plastik, kayu, dan logam.
Menurut kalian, bahan apa yang paling cocok untuk benda-benda tersebut? Jelaskan kelebihan dan kekurangan setiap bahan untuk masing-masing benda!

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.