8/19/2014

Matahari sebagai Pusat Tata Surya

Matahari merupakan bola gas pijar yang suhunya tinggi sekali, bisa mencapai 6.000ÂșC. Permukaannya berupa lautan gas yang sangat panas. Unsur yang membentuk matahari adalah hidrogen (69,5%), helium (28%), karbon, nitrogen, dan unsur-unsur lainnya.

Matahari merupakan benda terbesar dalam tata surya dan menjadi pusat tata surya. Matahari merupakan sumber energi utama bagi kita karena panas dan cahaya yang berasal dari matahari memungkinkan adanya kehidupan di bumi.

Di antara bumi dan matahari terdapat gaya tarik-menarik yang disebut gaya gravitasi. Besarnya gaya gravitasi ini dipengaruhi oleh massa keduanya. Oleh karena massa matahari jauh lebih besar daripada massa bumi, maka bumi berputar dan beredar mengelilingi matahari untuk mempertahankan diri terhadap gaya gravitasi matahari.

Bulan berputar dan beredar mengelilingi bumi karena untuk mempertahankan diri terhadap gaya gravitasi bumi, sebab massa bumi lebih besar dari massa bulan. Antara bulan dan matahari pun terdapat gaya gravitasi.

Selain dipengaruhi oleh massa, besar gaya gravitasi juga dipengaruhi oleh jarak. Contohnya, apabila kita menjatuhkan batu dari atas gedung bertingkat, batu akan jatuh ke bumi. Akan tetapi, apabila batu itu dibawa ke angkasa jauh dari permukaan bumi, maka batu itu tidak akan jatuh ke bumi, tetapi melayang-layang di angkasa. Hal itu terjadi karena batu sudah tidak dipengaruhi lagi oleh gaya gravitasi bumi. Dengan demikian, makin jauh jarak antara kedua benda maka gaya tarik (gravitasi) di antara kedua benda itu akan semakin kecil.

Adakah benda-benda angkasa lainnya yang mengitari matahari selain bumi? Benda-benda angkasa yang mengitari matahari di antaranya planet, komet, dan asteroid. Bumi termasuk ke dalam planet. Matahari dan semua benda angkasa yang mengitarinya disebut tata surya. Pusat tata surya adalah matahari.

Sesuai dengan teori heliosentris yaitu teori yang menyatakan bahwa planet bergerak mengelilingi matahari. Teori ini dikemukakan oleh Nicolas Copernicus, seorang astronom Polandia yang mematahkan teori geosentris yang menyatakan bahwa bumi sebagai pusat alam semesta, bumi dalam keadaan diam dan planet-planet bergerak mengitarinya.
Susunan dari anggota tata surya terlihat pada gambar di bawah ini.

Susunan tata surya
Susunan tata surya

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.