Susunan planet-planet yang mengitari matahari

Saat ini kita mengenal ada delapan buah planet, di antaranya Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus. Kedelapan planet itu beredar mengitari matahari melalui jalur-jalur tertentu yang disebut garis edar atau orbit yang berbentuk elips. Planet-planet beredar mengelilingi matahari karena adanya gaya tarik atau gaya gravitasi matahari. Gaya inilah yang mengikat planet tetap pada orbitnya. Orbit planet mengitari matahari terlihat pada gambar berikut ini.

Susunan planet-planet yang mengitari matahari
Susunan planet-planet yang mengitari matahari
Oleh karena orbit planet berbentuk elips, maka planet-planet itu kadang dekat dan kadang jauh dari matahari. Titik terdekat planet ke matahari disebut perihelium dan titik terjauh planet ke matahari disebut aphelium.

Dilihat dari letaknya terhadap garis edar bumi, planet-planet tersebut dikelompokkan menjadi 2, yaitu sebagai berikut:
  1. Planet dalam, yaitu planet yang letaknya di dalam garis edar bumi mengitari matahari. Planet dalam terdiri atas Merkurius dan Venus.
  2. Planet luar, yaitu planet yang letaknya di luar garis edar bumi mengitari matahari. Planet luar terdiri atas Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.

Urutan kedelapan planet mulai dari yang terdekat dengan matahari sampai yang terjauh dengan matahari adalah sebagai berikut.

a. Merkurius
Planet ini berukuran kecil dan hampir tidak mempunyai atmosfer. Permukaannya dipenuhi kawah (tampak berlubang-lubang) seperti permukaan bulan. Pada siang hari, suhu di permukaan Merkurius sangat panas, mencapai 400ºC dan sebaliknya suhu pada malam hari sangat dingin mencapai -200 ºC.

b. Venus
Planet ini tampak sangat mengkilap karena memiliki atmosfer yang tebal seperti awan putih yang menyelubungi permukaan Venus. Awan tersebut terjadi akibat dari pembakaran asam sulfat panas. Suhu siang hari di Venus mencapai 500 ºC. Tidak ada yang dapat hidup di planet yang panas dan beracun ini. Venus sering disebut bintang pagi atau bintang senja karena terlihat berkilauan di timur pada saat matahari terbit dan pada saat matahari tenggelam di ufuk barat.

c. Bumi
Bumi merupakan tempat kita berpijak dan hidup. Bumi memiliki atmosfer. Suhu permukaan bumi memungkinkan makhluk hidup dapat hidup di planet ini.
d. Mars
Planet Mars mempunyai permukaan berbatu-batu. Suhu permukaannya lebih dingin daripada suhu di permukaan bumi karena letaknya yang lebih jauh dari matahari. Mars mempunyai kutub es seperti bumi dan mempunyai gunung berapi yang aktif. Gunung berapi yang terbesar bernama Gunung Olimpus dengan ketinggian 23.000 m dari permukaan tanah di sekitarnya. Hasil penyelidikan yang dilakukan terhadap tanah Mars memperlihatkan bahwa tanah tersebut seolah-olah berisi jasad serba hidup.

e. Yupiter
Planet Yupiter merupakan planet yang terbesar. Planet ini berdiameter 11 kali diameter bumi dan bervolume 1.300 kali volume bumi. Awan yang berputar kencang dalam atmosfer Yupiter bergerak dengan kelajuan 200 mil per jam. Atmosfer Yupiter terdiri atas hidrogen dan helium, serta mempunyai awan dari amoniak dan kristal es.

f. Saturnus
Planet ini merupakan planet terbesar kedua setelah Yupiter. Angkasanya atau atmosfernya diselimuti oleh sabuk-sabuk awan yang kaya akan hidrogen dan dapat memantulkan sinar matahari dengan baik. Suhu di permukaan Saturnus adalah -170ºC. Saturnus mempunyai cincin yang berlapis-lapis terdiri atas kristal es dengan lebar 402.000 km dan tebal 15 km.

g. Uranus
Planet Uranus ditemukan oleh Sir Wilhelm Herschell tahun 1781. Planet ini terselubungi kabut tebal terutama terdiri atas gas metana. Garis tengahnya kira-kira empat kali garis tengah bumi.

h. Neptunus
Keadaan Planet Neptunus hampir sama dengan Uranus sehingga kedua planet ini sering disebut planet kembar. Suhu permukaan Planet Neptunus mencapai -120 ºC.

Kedelapan planet tersebut tidak memancarkan cahaya sendiri. Planet tampak berkilau seperti bintang karena planet memantulkan cahaya matahari yang menyinari permukaannya. Bagian permukaan planet termasuk bumi yang mendapat sinar matahari akan mengalami siang dan bagian lain yang tidak mendapatkan cahaya matahari akan mengalami malam.

Info Sains
Berdasarkan penelitian para ilmuwan, sebelumnya kita mempunyai 9 planet yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan yang terakhir pluto. Namun, para ahli astronomi yang bergabung dalam Perhimpunan Astronomi Internasional (IAI), pada tanggal 24 Agustus 2006 membuat definisi baru tentang planet, dan mengeluarkan Pluto dari kelompok planet, sekarang kita mempunyai 8 planet. Sedangkan Pluto dianggap sebagai planet kerdil. Meskipun dinamai planet kerdil, tetapi Pluto bukan termasuk kelompok planet.