9/11/2014

Bentuk dari Muka Bumi di Indonesia

Indonesia terdiri atas belasan ribu pulau, baik yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil. Jumlah pulau seluruhnya mencapai 13.466 buah. Luas wilayah Indonesia mencapai 5.180.053 km², terdiri atas daratan seluas 1.922.570 km² dan lautan seluas 3.257.483 km². Ini berarti wilayah lautannya lebih luas daripada wilayah daratannya. Jika kamu perhatikan keadaan pulau-pulau di Indonesia, tampak adanya keragaman bentuk dari muka pada bumi.

Bentuk dari muka pada bumi Indonesia dapat dibedakan menjadi muka bumi dataran rendah, muka bumi dataran tinggi, bukit, gunung, dan pegunungan. Sebaran dari bentuk muka dari bumi Indonesia tersebut dapat dilihat pada peta sebaran bentuk dari muka pada bumi atau peta fisiografi Indonesia (Gambar berikut ini).

Pada peta fisiografi, tampak sebaran bentuk dari muka pada bumi Indonesia mulai dataran rendah sampai pegunungan. Untuk membaca peta tersebut, perhatikanlah legenda atau keterangan peta. Simbol berwarna kuning menunjukkan dataran rendah, warna hijau menunjukkan daerah perbukitan, warna cokelat menunjukkan pegunungan.

Peta bentuk muka bumi atau fisiografi wilayah Indonesia yang menunjukkan adanya keragaman
Peta bentuk dari muka pada bumi atau fisiografi wilayah Indonesia yang
menunjukkan adanya keragaman
Aktivitas Kelompok
Peta Fisiografis sangat bermanfaat untuk mengetahui kondisi bentuk-bentuk dari muka pada bumi suatu wilayah. Bersama teman-teman, perhatikan peta Fisiografi Indonesia pada Gambar muka bumi Indonesia diatas. Setelah mencermati peta tersebut, deskripsikan kondisi fisiografis di daerah tempat tinggalmu.

Catatan: Jika sekolahmu memiliki fasilitas internet, silakan kamu gunakan fasilitas tersebut untuk memahami peta Fisiografis ( muka dari bumi )Indonesia secara lebih jelas, khususnya wilayah tempat tinggalmu.

Setelah kamu berdiskusi secara berkelompok, apakah kamu menemukan pengaruh keragaman bentuk dari muka pada bumi Indonesia terhadap keragaman aktivitas penduduknya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perhatikanlah lingkungan sekitar tempat tinggal kamu masing-masing! Seperti apakah bentuk dari muka pada bumi tempat kamu tinggal saat ini? Aktivitas apakah yang dominan berlangsung di sekitar tempat tinggalmu, apakah permukiman, industri, pertanian, atau yang lainnya? Bandingkanlah dengan keadaan bentuk dari muka pada bumi daerah lainnya yang berbeda dengan keadaan bentuk dari muka pada bumi sekitar tempat tinggalmu! Apakah terdapat perbedaan aktivitas penduduknya?

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.