11/28/2014

Kegiatan Pertambangan dan Aktivitas Pertambangan di Indonesia

Perusahaan pertambangan di Indonesia dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Banyak perusahaan swasta dari luar Indonesia yang ikut serta melakukan aktivitas penambangan dengan sistem bagi hasil dengan pemeritah Indonesia.

Info Pustaka
Batu bara telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti bahan bakar. Walaupun harganya relatif murah, tetapi pemanfaatan untuk keperluan rumah tangga belum meluas. Hal ini terjadi karena penduduk Indonesia telah terbiasa menggunakan minyak tanah yang kemudian beralih ke gas. Batu bara juga dianggap menimbulkan polusi udara dalam ruangan sehingga kurang diminati.

Pertambangan Minyak Bumi di Indonesia

Minyak bumi dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, baik rumah tangga, industri, kendaraan bermotor sampai Perusahaan Listrik Negara (PLN). Produksi pertambangan minyak bumi di Indonesia pada tahun 2011 mencapai 329.249 ribu barel. Sementara itu, produksi gas alam mencapai angka 3.256.379 MMSCF (Million Standard Cubic Feet). Angka produksi tidak mampu memenuhi kebutuhan sebagian diantaranya diimpor dari negara lain.

Kegitan pada pertambangan minyak bumi di darat dan di laut
Kegitan pada pertambangan minyak bumi di darat dan di laut

Pertambangan Batu Bara di Indonesia

Pemanfaatan sumber daya alam lainnya adalah pertambangan batu bara. Batu bara di Indonesia dimanfaatkan untuk kepentingan rumah tangga (memasak) dan berbagai industri seperti industri besi baja dan semen.

Produksi batu bara Indonesia pada tahun 2011 mencapai 353.387.341 ton. Batu bara yang dihasilkan sebagian besar diekspor ke Jepang, India, Korea Selatan, Cina, dan sebagian lagi dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Pemanfaatan gas dan batu bara untuk keperluan rumah tangga
Pemanfaatan gas dan batu bara untuk
keperluan rumah tangga

Industri Pertambangan di Indonesia 

Kegiatan industri pertambangan di Indonesia saat ini masih menggunakan banyak perusahaan dan pekerja asing. Keuntungannya tentu saja juga dinikmati oleh perusahaan asing tersebut. Kondisi ini tentunya akan mengurangi pemasukan bagi negara dan berdampak pada kegiatan pembangunan. Harapannya adalah kegiatan pertambangan dikelola oleh putra dan putri Indonesia agar dapat memberikan dampak optimal bagi kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, kamu seharusnya menyiapkan diri untuk menguasai ilmu dan teknologi agar tidak bergantung pada negara lain.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.