11/17/2014

Pengertian Dari Transmigrasi

Apa arti transmigrasi? Pengertian transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari daerah yang padat ke daerah yang kurang padat. Orang yang melakukan transmigrasi disebut transmigran. Transmigrasi adalah bentuk migrasi penduduk yang khas Indonesia karena tidak dijumpai di daerah lainnya.

Di Indonesia transmigrasi dilakukan oileh pemerintah karena makin besarnya jumlah penduduk di wilayah tertentu, khususnya di Pulau Jawa dan Bali. Sementara itu, penduduk di luar Jawa masih sedikit dan lahannya masih sangat luas sehingga perlu dilakukan transmigrasi dengan tujuan pemerataan.

(A) Permukiman Kumuh dan Kemacetan sebagai dampak dari urbanisasi, (B) Kemacetan di perkotaan sebagai salah satu dampak urbanisasi
(A) Permukiman Kumuh dan Kemacetan sebagai dampak dari urbanisasi, (B) Kemacetan di perkotaan sebagai salah satu dampak urbanisasi
Transmigrasi penduduk Indonesia
Program transmigrasi di Indonesia dimulai sejak pemerintah Indonesia memindahkan warga masyarakat Sukadana Kecamatan Bagelen ke Lampung pada tanggal 12 Desember 1950. Sebelumnya sejak tahun 1905 telah terjadi transmigrasi atau perpindahan penduduk dari Pulau Jawa ke daerah lainnya di luar Jawa. Pada saat itu, transmigrasi atau pemindahan penduduk dilakukan oleh Belanda dengan istilah transmigrasi kolonisasi. Tujuannya transmigrasi ini adalah untuk dipekerjakan sebagai tenaga kerja perkebunan dan pertambangan.

Pada masa pemerintahan saat ini, terdapat program dari daerah asal transmigrasi dan daerah tujuan transmigrasi. Daerah asal transmigrasi terdiri atas Jawa Barat (Bogor, Purwakarta dan Sukabumi), Jawa Tengah (Surakarta), Jawa Timur (Bondowoso, Pasuruan, Situbondo dan Sampang), Yogyakarta, dan Lampung (Pasawaran dan Lampung Utara). Daerah tujuan transmigrasi diantaranya Sumatra Barat, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara dan Maluku.

Salah satu daerah transmigrasi di Kabupaten Batanghari Jambi
Salah satu daerah transmigrasi di Kabupaten Batanghari Jambi
Artikel belajar plengdut lainnya:

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.