11/20/2014

Sistem Kekebalan Tubuh Pada Unggas

Secara umum sistem kekebalan tubuh pada unggas tidak berbeda secara signifikan dengan sistem kekebalan pada manusia maupun mamalia. Unggas mempunyai dua organ limfoid primer, yaitu timus dan bursa Fabricius (BF). Bursa fabricius adalah organ limfoid primer yang berfungsi sebagai tempat pematangan dan diferensiasi bagi sel dari sistem pembentuk antibodi, sehinga sel ini disebut sel B. Bursa Fabricius ini berkembang pada saat ayam masih muda dan akan mengalami atropi pada saat unggas dewasa. Disamping itu bursa juga berfungsi sebagai organ limfoid sekunder . Anak ayam yang baru menetas memiliki antibodi asal induk yang diturunkan dari induknya. Antibodi yang diwariskan oleh induknya akan bertahan pada anaknya sampai beberapa hari setelah menetas.

Timus dan bursa Fabricius (BF) pada ayam, Bursa fabricius adalah organ limfoid primer yang berfungsi sebagai tempat pematangan dan diferensiasi bagi sel dari sistem pembentuk antibodi, sehinga sel ini disebut sel B. Bursa Fabricius ini berkembang pada saat ayam masih muda dan akan mengalami atropi pada saat unggas dewasa.
Timus dan bursa Fabricius (BF) pada ayam

Antibodi pada unggas

Bibit penyakit atau antigen yang masuk ke dalam tubuh pertama kali akan dijerat sehingga dapat diketahui sebagai protein asing. Materi yang telah diketahui sebagai protein asing, kemudian oleh makrofag disampaikan ke sel limfosit melalui pembentukan berbagai sitokin ke sistem pembentuk antibodi atau ke sistem kebal berperantara sel. Sistem kebal ini akan menyimpan memori tentang kejadian ini sehingga pada bila ada bibit penyakit berikutnya dengan antigen yang sama, tanggapannya akan jauh lebih cepat dan lebih efisien .

Cara kerja antibodi pada unggas

Antibodi bekerja melalui dua cara yang berbeda untuk mempertahankan tubuh terhadap agen penyebab penyakit yaitu :

  • dengan cara langsung menginaktivasi agen penyebab penyakit,
  • dengan mengaktifkan sistem komplemen yang kemudian akan menghancurkan agen penyakit tersebut.



Sistem kekebalan pada unggas (avian immune system) terdiri atas T-lymphocytes yang merupakan komponen kekebalan seluler dan B-lymphocytes yang merupakan komponen kekebalan humoral . Cell Mediated Immunity (CMI) adalah sistem kekebalan (antibodi yang independent), dibawah kontrol thymus . CMI memberikan respon kekebalan awal saat infeksi, dan dapat dideteksi lebih awal pada 2-3 hari setelah vaksinasi dengan live vaccines . Humoral Mediated Immunity (Kekebalan Humoral) merupakan pertahanan menengah oleh sistem kekebalan seluler, yaitu (B-lymphocyte) dibawah kontrol bursa fabrisius. B-lymphocyte diaktifkan menjadi sel plasma (plasma cells) dan disekresikan dalam darah dan derivatnya dengan menghasilkan immunoglobulin IgM dan IgG. IgM dan IgG tersusun dalam proses perkembangan respon kekebalan humoral .

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.