Sumber Daya Alam Berdasarkan Kemungkinan Pemulihan

Sumber daya alam berdasarkan kemungkinan pemulihannya dapat dikelompokkan menjadi seperti berikut.

a. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resources) adalah sumber daya yang dapat tersedia kembali dalam waktu yang cepat sehingga tidak dapat habis.

Namun demikian, apabila pemanfaatannya tidak terkendali, sumber daya alam ini dapat habis atau punah. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui ialah berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Banyak tumbuhan dan hewan yang punah atau terancam punah karena ulah manusia merusak tempat hidupnya atau memburunya untuk berbagai keperluan. Selain itu, air dan udara juga masuk kelompok ini.

Baca juga: Benarkah Tujuan negara Republik Indonesia termuat dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat?

Lahan pertanian termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui.
Lahan pertanian termasuk sumber daya alam yang
dapat diperbarui.
Bagaimanakah sumber daya alam air dan udara memperbarui dirinya? Jika tumbuhan dan hewan memperbarui dirinya dengan cara melakukan reproduksi, udara dan air melakukannya dengan cara siklus atau daur. Air dan udara tidak dapat punah, tetapi dapat menurun kualitasnya akibat aktivitas manusia yang melakukan pencemaran.

b. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (unrenewable resources) merupakan sumber daya alam yang pembentukannya berlangsung sangat lambat dalam waktu jutaan atau ratusan juta tahun. Oleh karena itu, jumlahnya relatif tetap atau berkurang karena dimanfaatkan dan akhirnya pada saatnya nanti akan habis.

Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui
Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui
Artikel belajar online lainnya: Para pendiri negara telah mewariskan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Contoh: minyak bumi, gas alam, batu bara, dan bahan tambang lainnya. Gambar berikut merupakan contoh aktivitas manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Bagaimanakah caranya agar sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui tetap lestari? Berikut disajikan beberapa contoh cara melestarikannya :

a. Memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana dan tidak berlebihan.
b. Mengembangkan bahan pemanfaatan sumberdaya alam alternatif
c. Pemanfaatan kembali barang-barang bekas pakai

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.