Batuan Pembentuk Litosfer

Batuan pembentuk litosfer - Semua batuan pada mulanya dari magma. Magma keluar di permukaan bumi antara lain melalui puncak gunung api. Gunung api ada yang di daratan ada pula yang di lautan. Magma yang sudah mencapai permukaan bumi akan membeku. Magma yang membeku kemudian akan menjadi batuan beku. Batuan beku di muka bumi selama beribu-ribu tahun lamanya dapat hancur terurai terkena panas, hujan serta aktivitas tumbuhan dan hewan.

Selanjutnya hancuran batu tersebut terangkut oleh air, angin atau hewan ke tempat lain untuk diendapkan. Hancuran batuan yang diendapkan disebut batuan endapan atau batuan sedimen. Baik batuan sedimen atau beku dapat berubah bentuk dalam waktu yang sangat lama karena adanya perubahan temperatur dan tekanan. Batuan yang berubah bentuk disebut batuan malihan atau batuan metamorf.

1. Batuan Beku

Batuan beku adalah batuan yang terjadi dari pembekuan larutan silikat cair dan pijar yang dikenal dengan magma. Ada dua macam batuan beku, yaitu batuan beku dalam (contohnya granit) dan batuan beku luar (contohnya andesit). Untuk mengetahui ketepatan jenis batuan harus dilakukan uji laboratorium dengan menggunakan mikroskop untuk melihat bentuk kristal dan mineral penyusun batuan.

Gambar contoh batuan beku
Gambar contoh batuan beku

2. Batuan Sedimen

Batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk akibat litifikasi bahan rombakan batuan asal maupun hasil denudasi atau hasil reaksi kimia maupun hasil kegiatan organisme. Ada beberapa macam batuan sedimen, yaitu batuan sedimen klastik, hancuraan batuan beku, contohnya breksi, konglomerat dan batu pasir. Sedimen kimiawi berupa endapan dari suatu pelarutan, contohnya batu kapur dan batu giok. Sedimen organik berupa endapan sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut, contohnya batu gamping dan koral.

Gambar contoh beberapa batuan sedimen
Gambar contoh beberapa batuan sedimen

3. Batuan maliham (metamorf)

Batuan malihan (metamorf) adalah batuan yang berasal dari batuan induk, bisa batuan beku, batuan sedimen maupun metamorf itu sendiri yang mengalami metamorfosa. Metamorfosa (perubahan bentuk) adalah proses rekristalisasi di dalam kerak bumi yang keseluruhannya atau sebagian besar terjadi dalam keadaan padat yaitu tanpa fase cair.

Selanjutnya terbentuk struktur dan mineralogi baru akibat pengaruh temperatur dan tekanan yang tinggi. Contohnya kapur (kalsit) berubah menjadi marmer, atau batuan kuarsa menjadi kuarsit.

Artikel belajar online lainnya: Benarkah korupsi menjadi awal kebangkrutan VOC?

Beberapa contoh gambar batuan malihan (metamorf)
Beberapa contoh gambar batuan malihan (metamorf)

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.