Kerak Bumi (Crush)

Kerak bumi merupakan lapisan paling atas dengan tebal rata-rata antara 10-50 km. Tebal lapisan ini tidak sama di semua tempat. Di atas benua tebalnya antara 20-50 km, namun dibawah dasar laut ketebalannya hanya sekitar 10-12 km.

Wujud dari lapisan ini berupa lapisan materi-materi yang padat. Dalam kerak bumi masih dibagi menjadi dua lapisan, yaitu granitis dan basaltik. Lapisan granitis merupakan lapisanpaling luar dari kerak bumi. Susunan materi penyusunnya kebanyakan berupa batuan granit. Lapisan ini menempati lapisan paling atas dengan ketebalan sekitar 10-15 km. Lapisan basaltis merupakan lapisan setelah lapisan granitis. Susunan materi kebanyakan tersusun dari materi basalt yang bersifat basa. Letaknya dibawah lapisan granitis dengan kedalaman sekitar 30-50 km. Holmes melakukan pembagian kerak bumi sebagai berikut:

Baca juga: Tahun 1596 Cornelis de Houtman beserta armadanya berhasil mencapai Kepulauan Nusantara
  1. Bagian atas mempunyai tebal 15 km dengan berat jenis kira-kira 2,7 dan bersifat magma granit.
  2. Bagian tengah mempunyai ketebalan 25 km dengan berat jenis 3,5 dan bersifat magma basal.
  3. /bagian bawah memilki ketebalan 20km dengan berat jenis 3,5 serta bersifat magma periodit dan eklogit.
Bagian atas dan bagian tengah disebut sial karena sebagian besar terdiri dari silisium alumunium, sedangkan bagian bawah disebut sima karena sebagian besar terdiri dari slisium magnesium.

Beberapa ahli lainnya mengemukakan bahwa bui tersusun atas beberapa lapisan yaitu berisfer, lapisan antara, dan lapisan litosfer. Berisfer (lapisan iti bumi) merupakan bahan padat yang terusun atas lapisan nife (niccolum = nikel dan ferum = besi).  Jari-jari berisfer memiliki panjang 3470 km. Lapisan antara yaitu lapisan yang terdapat diatas nife dengan tebal sekitar 1700km. Lapisan ini disebut juga lapisan asthenosfer (mantle), merupakan bahan cair bersuhu tinggi dan pijar. Berat jenisnya 5gr/cm3. Lithosfer yaitu lapisan paling luar yang terletak diatas lapisan antara dengan ketebalan 1200km berat jenis rata-rata 2,8gr/cm3.

Pembagian bumi berdasarkan jenis dan sifat penyusunnya
Pembagian bumi berdasarkan jenis dan sifat penyusunnya

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.