Mineral Streak (Cerat atau Gores pada Mineral)

Mineral streak atau cerat pada batuan mineral bisa digunakan untuk membedakan dua jenis mineral yang warnanya tampak sama tetapi warna ceratnya (warna dalam keadaan menjadi bubuk) berbeda. Gores atau cerat lebih dapat dipercaya daripada warna yang ditampilkan oleh mineral karena warna cerat lebih stabil.

Pada mineral yang kekerasannya kurang dari enam, cerat dapat diperoleh dengan cara menumbuk mineral tersebut sampai halus. Mineral-mineral silikat mempunyai gores putih kadang-kadang abu-abu coklat.

Baca juga: Bung Karno dihadapan Pengadilan Kolonial (1963), perang melawan kolonialisme

Mineral-mineral oksida, sulfida, karbonat, phosphat, arsenat dan sulfat juga mempunyai goresan yang khas. Mineral-mineral yang transparan dan translusen dengan kilap bukan logam mempunyai gores lebih tenang dibandingkan dengan warnanya, sedangkan mineral-mineral dengan kilap logam sering kali menunjukkan warna gores yang lebih gelap. Beberapa mineral yang berlainan warnanya tetapi memiliki warna gores yang sama, misalnya hematirt dan galena (perhatikan gambar berikut).

Hematite memiliki warna gores abu-abu
Hematite memiliki warna gores abu-abu

Warna gores galena adalah abu-abu
Warna gores galena adalah abu-abu

Pada beberapa mineral, warna mineral dan warna gores sering menunjukkan warna yang sama misalnya galena dan emas seperti tampak pada gambar berikut ini.

Pirit memiliki warna gores hitam
Pirit memiliki warna gores hitam

Emas memiliki warna gores kuning
Emas memiliki warna gores kuning

Mineral lainnya memiliki warna gores yang berbeda dengan warna mineral yang diperlihatkan, diantaranya adalah pirit.

Artikel belajar lainnya: Salah satu isi Konvensi London adalah Inggris harus mengembalikan tanah jajahan di Hindia kepada Belanda

Biasanya mineral-mineral yang transparan dan translusen mempunyai gores yang putih atau tidak berwarna atau warna-warna yang muda. Oleh karena itu gores sangat penting untuk penentuan mineral-mineral opaque yang translusen, misalnya kalsit. Demikian ulasan mengenai Mineral Streak (Cerat atau Gores pada batuan Mineral) pada postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan wawasan pustaka kita.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.