1/18/2015

Pecahan Batuan Mineral (Fracture Mineral)

Batuan mineral yang tidak membelah secara teratur, dimana mineral akan pecah dengan arah yang tidak teratur, sifat mineral ini biasa disebut dengan fracture mineral (pecahan batuan mineral). Ada beberapa macam pecahan, beberapa diantaranya adalah :

Baca juga: Struktur Dalam Bumi atau susunan bumi bagian dalam sulit sekali diketahui secara langsung
  • Konkoidal, yaitu pecahan pada batuan mineral yang memperlihatkan gelombang melengkung di permukaan seperti kenampakan kulit kerang atau botol pecah, contohnya pada batuan mineral kwarsa.
  • Splintery/fibrous adalah pecahan batuan mineral yang menunjukan gejala seperti serat. Contohnya seperti pada batuan mineral asbestos, augit dan hipersten.
  • Uneven/irreguler adalah pecahan yang memberi kesan permukaan kasar tidak teratur. Contohnya pada batuan mineral garnet, hematit, dan chalcopyrite.
  • Hackly adalah pecahan batuan mineral yang mengesankan permukaan tidak teratur dengan ujung-ujung runcing. Contohnya pada batuan mineral perak native dan emas native.
Concoidal fracture pada opal
Concoidal fracture pada opal

Pecahan mirip serat pada chrysotile (serpentin)
Pecahan mirip serat pada chrysotile (serpentin)

Pecahan tidak teratur pada chalcopyrite
Pecahan tidak teratur pada chalcopyrite

Pecahan runcing-runcing bergerigi pada tembaga (copper)
Pecahan runcing-runcing bergerigi pada tembaga (copper)
Artikel belajar online lainnya: Banyak mineral yang dinamakan berdasarkan warna mineral tersebut.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.