Selimut Bumi (Mantle)

Lapisan bagian dalam setelah kerak bumi adalah selimut bumi (mantle), lapisan ini bersifat melindungi bagian dalam bumi. Lapisan ini menempati bagian bawh dari kerak bumi, pada umumnya dibagi menjadi tiga bagian yaitu litosfer, astenosfer dan mesosfer.

a. Litosfer

Pertama-tama perlu diketahui bahwa kata litosfer berasal dari bahasa yunani yaitu lithos artinya batuan, dan sphera artinya lapisan. Jadi litoshfer yaitu lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata-rata 1200km.

Baca juga: Benarkah museum fatahilah dulunya merupakan kantor Gubernur Jenderal VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie )?

Lapisan ini pada umumnya terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan SiO2. Itulah sebabnya lapisan lithosfer seringkali dinamakan lapisan silikat. Pada bagian atas dari lapisan litosfer disebut muka atau kulit bumi yang dapat dibagi-bagi kembali, yaitu tanah (soil, overburden), batuan penutup (mantle rock) dan batuan dasar (bed rock). Menurut penyelidikan batuan litosfer terdiri dari 92 elemen kimia. Dari 92 unsur tersebut, oksigen dan paduannya menduduki persentase sejumlah 28%. Elemen lainnya terdiri dari aluminium, besi, kalsium, potasium, sodium, dan magnesium sebesar 24%. Kedelapan elemen ini mencapai 98%. Sisanya terdiri dari puluhan elemen tetapi jumlahnya sedikit-sedikit.

Bersama-sama dengan kerak bumi sering pula disebut lempeng litosfer yang mengapung diatas materi yang agak kental yaitu astenosfer,.

Penampang kerak bumi
Penampang kerak bumi

b. Astenosfer

Lapisan setelah litosfer adalah astenosfer. Lapisan ini berada dibawah litosfer berwujud agak kental dengan ketebalan sekitar 100-400 km. Para ahli menduga mungkin lapisan ini sebagai tempat formasi magma (magma induk). Dan pada lapisan ini sintesa batuan mineral dibentuk. Karena wujudnya yang tidak padat maka massa yang diatasnya dapat bergerak.

Artikel belajar lainnya:  Misi kongsi dagang Inggris yang diberi nama East India Company (EIC)

C. Mesosfer

Berwujud padat dengan ketebalan rata-rata 2400-2750 km terletak di bawah astenosfer. Pada lapisan ini materi penyusunnya kemungkinan berupa peridotit.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.