Manfaat Virus di Dalam Kehidupan

Pada postingan sebelumnya mengenai perkembangbiakan virus atau replikasi virus telah kita ketahui bahwa sifat virus yang berkembangbiak di dalam sel makhluk hidup serta memanfaatkan materi yang ada pada sel untuk berkembangbiak sangatlah merugikan bagi makhluk hidup tersebut dikarenakan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Akan tetapi selain merugikan makhluk hidup baik itu tumbuhan, hewan dan manusia, saat ini virus bisa dimanfaatkan sebagai vaksin yang bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta  untuk mencegah penyakit tertentu. Melalui teknik rekayasa genetik dimana virus-virus ini dimanfaatkan sebagai vektor maka bisa dihasilkan vaksin yang bermanfaat untuk mencegah penyakit tertentu dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain sebagai vektor dalam rekayasa genetik, virus juga bisa digunakan sebagai vaksin dengan cara menurunkan kemampuan menimbulkan penyakitnya atau menghilangkan kemampuan tersebut pada virus dengan cara virus tersebut dilemahkan atau dimatikan sehingga kemampuan-kemampuan virus menurun atau hilang. Apabila vaksin ini diberikan kepada makhluk hidup yang masih sehat, baik itu manusia, hewan dan tumbuhan, maka makhluk hidup tersebut akan menjadi kebal terhadap penyakit yang dihasilkan dari virus tertentu tersebut. Hal ini bisa terjadi dikarenakan pada makhluk hidup yang diberikan vaksin tadi telah terbentuk antibodi.

Dalam tulisan yang dipublikasikan Jurnal Virology pada edisi 15 Desember tahun 2002 baru-baru ini, telah ditemukan cara lain memanfaatkan virus dengan cara menggunakan cangkang virus sebagai pembawa gen. Penelitian ini dilakukan oleh profesor biologi dari Purdue's of Science yaitu David Sanders, dimana David menggunakan cangkang luar dari virus ebola yang dilemahkan kemudian digunakan sebagai pembawa gen menuju sel-sel yang sakit.

Profesor biologi dari Purdue's of Science, David Sanders (ebola virus) yang memanfaatkan cangkang virus ebola sebagai pembawa gen
Profesor biologi dari Purdue's of Science, David Sanders (ebola virus)

Sekarang kita sudah mengetahui bahwa selain sebagai sumber penyakit, virus juga bisa dimanfaatkan baik itu sebagai vektor yang bisa menghasilkan vaksin maupun sebagai pembawa gen. Semoga tulisan mengenai manfaat virus ini bisa menambah wawasan kita dalam belajar.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.