4/23/2015

Penyakit Penyakit yang disebabkan Oleh Virus

Setelah kita membahas manfaat virus bagi kehidupan pada postingan sebelumnya, kali ini kita akan mengulas apa saja penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus pada kehidupan manusia. Seperti sudah kita ketahui bahwa virus selain bisa dimanfaatkan sebagai imun atau antibodi terhadap suatu penyakit tertentu, virus juga sangat berbahaya bagi kehidupan manusia dikarenakan virus merupakan sumber dari penyakit.

Penyakit-penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus bahkan hingga saat ini ada yang belum bisa ditemukan vaksin pencegahannya dan ada juga yang sudah ditemukan cara pencegahannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kita ulas penyakit-penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus ini.

AIDS - Penyakit AIDS atau yang memiliki kepanjangan dari Acquired Immune Deficiency Syndrom merupakan penyakit yang menyerang kekebalan tubuh manusia. Sesuai dengan arti nama penyakit ini, AIDS biasanya menyeang kekebalan tubuh si penderita, dimana secara perlahan ketahanan tubuh si penderita akan turun perlahan-lahan tapi pasti. Sebagai contoh efek dari kekebalan tubuh yang menurun ini yaitu jika si penderita terkena sedikit luka gores maka luka tersebut tak kunjung sembuh melainkan semakin membesar dan bertambah parah. Penyebab penyakit AIDS ini adalah virus HIV atau yang memiliki kepanjangan dari Human Immunodeficiensy Virus

Anatomi dari virus HIV
Anatomi dari virus HIV
Jadi perlu teman-teman ingat bahwa AIDS itu bukan nama virus akan tetapi nama penyakitnya, sedangkan penyebab penyakit AIDS tersebut adalah virus HIV. Hingga saat ini, penyakit yang disebabkan oleh virus HIV ini masih belum ada obatnya dan masih dilakukan penelitian-penelitian untuk menemukan vaksin yang bisa mencegah penyakit AIDS ini. Lalu bagaimanakah cara penularannya? Umumnya virus HIV bisa menular melalui kontak langsung dengan penderitanya, seperti contohnya melalui selaput lendir, luka yang terbuka di kulit penderita AIDS dan tidak sengaja kita sentuh, penggunaan jarum suntik yang tidak steril dimana jarum suntik tersebut bekas dipakai penderita AIDS, melalui transfusi darah, dan juga yang paling mengerikan yaitu penyakit ini bisa menular kepada janin yang dikandung oleh ibu yang menderita AIDS.

Hepatitis - Selanjutnya penyakit yang ditimbulkan oleh virus yaitu penyakit hepatitis atau yang dikenal dengan penyakit pembengkakkan hati. Pada penyakit hepatitis terdapat tiga jenis virus dimana memiliki sebutan yang sama dengan nama penyakitnya. Yang pertama yaitu virus hepatitis A, umumnya hepatitis A akan menyebabkan penyakit hepatistis yang akut. Berikutnya yaitu hepatitis B dimana akan menyebabkan penyakit yang kronis. Yang terakhir yaitu hepatitis C dimana penderita yang terjangkit virus ini akan beresiko menderita kanker hati.

Penampakan virus hepatitis A, B dan C yang menyebabkan pembengkakan hati
Penampakan virus hepatitis A, B dan C yang menyebabkan pembengkakan hati
Biasanya virus ini menular melalui minuman dimana sudah terkontaminasi oleh virus, penggunaan jarum suntik yang tidak steril serta transfusi darah. Pada umumnya, penderita penyakit hepatitis akan mengalami gejala seperti munta-muntah, selaput lendir dan warna kulit mengalami perubahan menjadi kuning disertai dengan demam dan mual.

Demam Berdarah - Tahukah kalian jika penyakit demam berdarah atau yang biasa disingkat dengan istilah DB disebabkan oleh virus juga? Virus dengue adalah virus yang menyebabkan terjadinya penyakit demam berdarah ini. Virus ini menggunakan nyamuk Aedes aegypti sebagai vektor yang nantinya ditularkan melalui gigitan nyamuk ini. 

Penampakkan virus dengue penyebab penyakit demam berdarah atau DB
Penampakkan virus dengue penyebab penyakit demam berdarah atau DB
Virus dengue sendiri jika sudah masuk ke tubuh manusia akan mengakibatkan penurunan dari kadar trombosit bahkan menyebabkan kapiler darah pecah. Biasanya penderita demam berdarah ini akan mengalami panas demam yang tinggi disertai bercak-bercak merah pada kulit. Penderita demam berdarah juga biasanya akan mengeluarkan darah dari hidung atau mimisan, sedangkan biasanya pada kondisi yang lebih parah terjadi pendarahan di organ-organ tubuh hingga bisa menimbulkan kematian.

SARS - Penyakit SARS atau kepanjangan dari Severe Acute Respiratory Syndrome merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh virus corona. Dari beberapa penelitian,  diduga mamalia seperti jenis musang dan rakun merupakan asal pembawa penyakit SARS ini. Penyakit yang disebabkan oleh virus corona ini sangatlah mudah bermutasi. Jika virus corona ini masuk kedalam tubuh kita maka akan menimbulkan gelaja berupa batuk kering, diare, kelelahan otot, sesak nafas, sakit kepala, menggigil dan demam dimana suhu tubuh berada diatas 40o C.

Skema dari virus corona penyebab penyakit SARS
Skema dari virus corona penyebab penyakit SARS


Influenza - Pada penyakit influenza ini biasanya penyebabnya adalah virus orthomyxovirus, dimana virus ini memiliki bentuk seperti bola, dan jika masuk kedalam tubuh manusia maka penderitanya akan mengalami kesusahan bernapas atau dapat dikatakan saluran pernapasan yang diserang oleh virus ini. Penderita influenza biasanya akan merasakan kehilangan nafsu makan, sakit kepala, demam dan pegal linu.

Gondong - Sebelum kita membahas penyakit gondong ini, perlu teman-teman ketahui bahwa penyakit gondong dan gondok adalah dua penyakit yang berbeda. Penyakit gondong atau parotitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus paramyxovirus sedangkan penyakit gondok atau goiter disebabkan akibat adanya gangguan pada hormon tiroid. Pada penyakit gondong, virus paramyxovirus yang menyerang hanya memiliki asam ribo nukleat atau ARN sehingga akan mengakibatkan pembengkakan pada paratiroid di leher dan pada bagian bawah daun telinga. Penderita penyakit gondong biasanya akan memiliki kekebalan terhadap penyakit ini di kemudian hari jika sudah pernah terjangkit virus ini. Penyakit gondong ini umumnya menular melalui ludah, muntahan, urin , atau bisa dikatakan akan menular jika terjadi kontak langsung dengan si penderita gondong ini.

Herpes - Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simples dimana  yang diserang biasanya pada kulit dan selaput lendir. Melalui luka kecil pada tubuh kita biasanya virus ini melakukan infeksinya. Virus ini menyerang area-area pada tubuh penderitanya terutama pada bibir, alat kelamin, mata, kulit bahkan bisa juga di otak. Hampir mirip dengan virus HIV, virus herpes ini juga bisa menular melalui hubungan seksual dan bisa menginfeksi bayi saay kelahiran. Penderita penyakit ini biasanya akan timbul gelembung kecil-kecil pada bagian kulit dan sangat mudah pecah. Sedangkan pada herpes yang menyerang mata dan otak tidak mengalami gelembung-gelembung kecil ini. Untuk infeksi yang terjadi pada area alat kelamin biasanya akan menjadi penyebab adanya tumor ganas pada area genitalis tersebut.

Campak - Penyakit campak atau morbili disebabkan oleh virus paramyxovirus dan biasanya menyerang pada anak-anak. Virus ini berkembangbiak disaluran pernapasan pada saat inkubasi awal dan kemudian  akan meyebar melalui darah ke seluruh bagian tubuh dan kulit disaat akhir inkubasi. Biasanya penderita penyakit campak atau morbili ini akan merasakan ngilu di seluru tubuh disertai demam tinggi serta batuk, sering mengiggau disaat tidur dan jika terkena matahari atau cahaya maka mata akan terasa pedih.

Polio - Penyakit berikutnya yaitu penyakit polio yang biasa menjangkit anak-anak. Pada penyakit polio ini terdapat dua vaksin untuk mencegahnya, yang pertama yaitu vaksin salk yang berfungsi mengaktifkan antibodi pada serum dan di saat virus memasuki darah maka akan dinetralkan yang verulen. Vaksin kedua adalah vaksin sabin yang merupakan virus polio yang dilemahkan. Pada umumnya penderita polio akan mengalami tidak enak badan, mual, demam, sakit kepala, hingga rasa kaku pada leher dan tulang penderitanya. Apabila virus ini menyerang selaput meninges otak dan merusak sel saraf pada otak depan akan berakibat kelumpuhan bagi penderitanya.

Itulah tadi beberapa contoh penyakit yang disebabkan oleh virus pada kehidupan manusia. Selain penyakit-penyakit diatas ada juga penyakit yang disebabkan oleh virus H5N1 atau yang kita kenal dengan nama peyakit Avian influenza atau flu burung yang sangat mudah bermutasi. Semoga postingan kali ini bisa menambah wawasan teman-teman dalam belajar mengenai penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.