Geologi Sebagai Ilmu Pengetahuan dan Seni

Geologi sebagai ilmu pengetahuan dan seni (science and arts), dalam sudut pandang ini ilmu geologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari bumisebagai suatu bentuk dari hasil proses kegiatan alam yang dapat diterangkan proses kejadiannya dengan menggunakan pendekatan dari ilmu-ilmu yang telah ada seperti ilmu fisika, biologi, kimia dan matematika. Pada sudut pandang ini kita mempelajari bumi sebagai suatu hasil proses kegiatan kimia dan fisika yang dapat dihitung dimensi dan umurnya dan dapat diteliti proses perkembangan kehidupan yang ada dengan melihat proses evolusi makhluk hidup yang berkembang dari waktu ke waktu.

Cabang ilmu geologi yang bersifat ilmu pengetahuan dan seni

Ada beberapa cabang ilmu geologi yang bersifat ilmu pengetahuan dan seni, yaitu:

Petrologi

Geologi Sebagai Ilmu Pengetahuan dan Seni
Petrologi adalah studi tentang batuan, asal mula kejadiannya, terdapatnya serta penjelasan lingkungan pembentuknya. Disiplin ini akan berhubungan dengan studi tentang mineral (mineralogi) dan bentuk-bentuk kristal dari mineral (kristalografi)

Stratigrafi

Stratigrafi adalah studi tentang urutan lapisan pada batuan, membahas tentang hubungannya dan proses-proses sedimentasinya (sedimentologi) serta sejarah perkembangan cengkung sedimentasinya.

Paleontologi

Paleontologi adalah studi tentang fosil dan aspek kehidupan purba yang terekam didalam batuan.Studi ini akan membahas tentang lingkungan pembentukan batuan, umur relatif, serta menjelaskan keadaan dan proses yang terjadi pada masa lalu (paleo geografi)

Geologi struktur

Geologi struktur adalah studi tentang bentuk batuan dan kerak bumi, sebagai hasil dari proses perubahan (deformasi) akibat tektonik, yaitu proses gerak yang terjadi di dalam bumi

Sedimentologi

Sedimentologi adalah studi tentang proses-proses geologi dan produk yang dihasilkan dalam pembentukan batuan sedimen

Tektonika

Tektonika adalah ilmu yang mempelajari tentang proses-proses endogen dari bumi yang menyebabkan pergerakkan lempeng-lempeng yang ada serta produk yang dihasilkannya dalam membentuk raut muka bumi

Geofisika

Geofisika adalah ilmu yang membahas tentang sifat-sifat fisika dari bumi, mempelajari parameter fisika, menerapkan hukum dan teori fisika untuk menjelaskan tentang proses yang terjadi di bumi.

Geokimia

Geokimia adalah ilmu yang mempelajari sifat kimia dari batuan dan kerak bumi dipelajari lebih lanjut dengan prinsip dan teori kimia untuk dapat menjelaskan proses kejadiannya

Geomorfologi

Geomorfologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari bentuk-bentuk muka bumi serta proses-proses geologi yang terlibat di dalamnya.

Itulah tadi beberapa cabang ilmu geologi sebagai ilmu pengetahuan dan seni yang menambah daftar pustaka online kita kali ini, semoga bisa menambah wawasan pembaca dalam belajar ilmu ini.