Tumbuhan Monokotil

Pembahasan pada postingan kali ini yang kami pilih untuk menambah daftar pustaka online di situs plengdut.com kali ini mengenai tumbuhan monokotil. Kali ini kita akan mempelajari apa saja ciri-ciri tumbuhan monkotil ini.

Tumbuhan monokotil atau biasa juga disebut dengan kelas Monocotyledonae merupakan golongan kelompok tumbuhan yang memiliki biji berkeping tunggal. Sedangkan untuk tumbuhan yang memiliki biji berkeping dua disebut dikotil yang akan kita bahas pada postingan selanjutnya. Pada tumbuhan monokotil memiliki ciri-ciri unik dari mulai akar, batang dan daunnya. Ciri-ciri inilah yang akan kita bahas kali ini.

Akar tumbuhan monokotil

Tumbuhan monokotil umumnya memiliki akar berbentuk serabut. Hal ini disebabkan karena pada tumbuhan monokotil ini akar utamanya tidak berkembang sehingga akar-akar yang tumbuh memiliki ukuran yang sama dan terlihat seperti serabut. Pertumbuhan akar serabut ini sangat terlihat jelas saat tumbuhan monokotil masih berbentuk kecambah. Untuk lebih jelasnya coba kalian perhatikan akar dari pohon pisang, pohon kelapa atau sawit yang ada disekitar rumah kalian. Kemudian coba bandingkan dengan akar dari pohon jambu atau pohon mangga? Pada pohon kelapa, sawit dan pisang biasanya akarnya berukuran sama dan ukurannya relatif kecil atau bisa dibilang tidak memiliki akar utama atau berbentuk serabut. Sedangkan pada pohon jambu dan mangga memiliki akar utama yang ukurannya cukup besar untuk menopang pohon tersebut.
contoh gambar akar serabut pada tumbuhan monokotil
contoh gambar akar serabut pada tumbuhan monokotil

Batang tumbuhan monokotil

Tahukah kamu bahwa batang dari tumbuhan monokotil tidak memiliki kambium? Pada umumnya batang tumbuhan monokotil biasanya berbentuk ruas-ruas. Jika batang tumbuhan monokotil ini dipotong melintang maka sistem jaringan pengangkut pada bagian batang ini terlihat tidak beraturan berbeda dengan tumbuhan dikotil yang susunan jaringannya tersusun rapi melingkar berbentuk cincin. Pada berkas pengangkut (pembuluh) tumbuhan monokotil selalu terdapat xylem dan floem di dalamnya.
contoh gambar irisan melintang batang tumbuhan monokotil
contoh gambar irisan melintang batang tumbuhan monokotil

Daun dan bunga tumbuhan monokotil

Daun pada tumbuhan monokotil biasanya memiliki pertulangan dau yang sejajar atau melengkung, begitu juga dengan bunga pada tumbuhan monokotil biasanya berjumlah tiga atau kelipatannya, serta memiliki satu keping atau kotiledon lembaga.
contoh gambar tulang daun tumbuhan monokotil yang melengkung
contoh gambar tulang daun tumbuhan monokotil yang melengkung


Kelas & famili tumbuhan monokotil

Pada tumbuhan monokotil terdapat beberapa kelas dan famili, diantaranya sebagai berikut:

a) Liliaceae,
contohnya Lilium longiflorum (lilia gereja), Gloria superba (kembang telang).

b) Amaryllidaceae,
contohnya Agave sisalana (sisal), Agave cantala (kantala).

c) Poaceae,
contohnya Oryza sativa (padi), Zea mays (jagung), Andropogon sorghum (cantel), Panicum milliaceum (jewawut).

d) Zingiberaceae,
contohnya Zingiber officinale (jahe), Curcuma domestica (kunyit), Alpinia galanga (laos), Kaempferia galanga (kencur).

e) Musaceae,
contohnya Musa paradisiaca (pisang), Musa textiles (pisang manila).

f) Orchidaceae,
contohnya Phalaenopsis amabilis (anggrek bulan), Dendrobium phalaenopsis.

g) Arecaceae,
contohnya Cocos nucifera (kelapa), Arenga pinata (aren), Areca catechu (pinang), Elaeis guinensis (kelapa sawit).

h) Araceae,
contohnya Colocasia esculenta (talas), Xanthosoma violaceum (bentul), Alocasia macroriza (sente).
Itulah tadi uraian tentang tumbuhan monokotil kali ini. Semoga bisa membantu teman-teman dalam menambah wawasan mengenai tumbuhan monokotil ini.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.