6/03/2015

Geologi Sebagai Ilmu Sejarah

Geologi sebagai ilmu sejarah, dalam sudut pandang ini, ilmu geologi dipandang sebagai suatu alat untuk mempelajari masa lalu. Sebagian ilmuan mengatakan bahwa kunci mempelajari masa lalu adalah dengan mempelajari masa kini ("The present is the key to the past" by James Hutton). Para ahli arkeologi menggunakan ilmu geologi guna mencari keberadaan fosil-fosil dari makhluk hidup yang hidup berjuta-juta tahun yang lalu dengan mencari batuan-batuan yang terbentuk pada massa itu yang mampu mengawetkan sisa-sisa kehidupan masa lalu tersebut.

Geologi sebagai ilmu terapan

Geologi Sebagai Ilmu SejarahDi dalam perkembangannya, ilmu geologi mulai tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia baik sebagai alat untuk sumberdaya alam, sebagai komponen perencanaan dan pengembangan dari suatu wilayah dan sebagai pengontrol dan pengawasan dari aktifitas geologi yang sifatnya merugikan manusia atau yang lebih kita kenal dengan sebutan mitigasi bencana geologi. Berikut ini beberapa cabang ilmu terapan geologi yang berkembang hingga saat ini:

Hidrologi

Hidrologi adalah ilmu geologi yang mempelajari sifat fisika dan kimia dari air yang terdapat di dalam batuan dan tanah serta proses-proses geologi yang mempengaruhinya.

Geologi teknik

Geologi teknik merupakan ilmu geologi terapan yang mempelajari objek-objek dan parameter-parameter geologi sebagai suatu nilai yang dipakai dalam melakukan suatu parameter dalam studi keteknikan atau perencanaan

Geologi minyak dan gas

Geologi minyak dan gas adalah ilmu geologi terapan yang mempelajari perilaku serta sifat-sifat minyak dan gas bumi di dalam batuan, proses pembentukannya dan hubungan antara batuan dengan fluida di dalamnya.

Geologi eksplorasi

Geologi eksplorasi adalah ilmu geologi terapan yang mempelajari tentang potensi mineral dari suatu wilayah serta perencanaan dari suatu pengembangan wilayah pertambangan berdasarkan aspek geologi.

Geologi lingkungan

Geologi lingkungan adalah ilmu geologi terapan yang mempelajari aspek-aspek geologi sebagai suatu nilai guna mencegah terjadinya bencana geologi yang dapat merugikan manusia

Geologi panas bumi

Geologi panas bumi adalah ilmu terapan geologi yang mempelajari system panas bumi, proses terjadinya, keterdapatannya serta potensinya hingga dapat dimanfaatkan.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.