6/29/2015

Membuat Produksi Tepung dengan Bahan dari Ubi Jalar

Pada postingan kali ini kita akan belajar bagaimana membuat produksi tepung ubi jalar. Jika dilihat dari susunan kata ubi dan jalar, berarti kata jalar bisa diartikan sebagai tanaman yang merambat, atau kata jalar berarti tumbuh dengan cara merambat. Ubi jalar mudah di dapat di setiap daerah. Sehingga dengan praktek membuat tepung ubi jalar ini kita dapat memahami langkah kerjanya dengan seksama.

Diasumsikan, kita akan membuat kue talam ubi jalar dengan menggunakan bahan baku tepung ubi jalar. Tepung ubi jalar sulit didapatkan di sekitar kita, sehingga dengan memiliki olahan pangan setengah jadi tepung ubi jalar akan memudahkan keperluan akan tepung ubi jalar sebagai pembuatan kue dari bahan baku tersebut.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah agar kita mampu dan memahami membuat produksi tepung dari umbi yaitu ubi jalar, yang dapat disimpan lama dan memudahkan jika dibutuhkan sewaktu-waktu untuk pembuatan kue dari bahan tepung ubi jalar.

Bahan dan Alat membuat produksi tepung ubi jalar
Sebelum kita memulai membuat olahan tepung berbahan ubi jalar, ada bahan dan alat yang harus kita persiapkan terlebih dahulu, diantaranya yaitu:

Bahan :
Membuat Tepung Ubi Jalar
  1. Ubi jalar
  2. Air untuk mencuci dan merendam

Alat :
Alat membuat tepung ubi jalar
  1. Baskom untuk wadah ubi jalar saat mencucinya dan hasil parutannya
  2. Pisau/peller untuk mengupas ubi jalar
  3. Parutan untuk memarut atau mengecilkan ukuran ubi jalar
  4. Kain untuk memeras/memisahkan pati ubi jalar dengan ampasnya
  5. Ayakan untuk hasil pengeringan pati ubi jalar
Proses pembuatan tepung ubi jalar
Setelah menyiapkan alat dan bahan untuk pembuatan tepung dengan berbahan ubi jalar ini, sekarang saatnya kita menuju ke proses pembuatannya. Perhatikan langkah-langkah proses pembuatan tepung ubi jalar berikut ini:
tahap pertama Proses pembuatan tepung ubi jalar

tahap kedua hingga keempat Proses pembuatan tepung ubi jalar

tahap kelima hingga ketujuh Proses pembuatan tepung ubi jalar
  1. Ubi jalar dicuci bersih. Pencucian dapat dilakukan di bawah air yang mengalir.
  2. Ubi jalar dikupas dengan pisau atau peller (pisau pengupas), kemudian dicuci bersih.
  3. Ubi jalar diparut halus hingga membentuk seperti bubur kasar.
  4. Bubur ubi jalar diberi air lalu diperas. Caranya dengan ditaruh pada kain saringan lalu diperas.
  5. Bubur ubi jalar yang diperas akan mengeluarkan sari patinya. Peraslah bubur ubi jalar terus menerus sampai air ampas ubi jalar bening, tanda saripati ubi jalar sudah habis yaitu perbandingan ubi jalar : air = 1:2
  6. Biarkan sari pati ubi jalar mengendap selama 3 jam. Maka aka terlihat saripati di bagian bawah, dan air bening diatasnya. Buanglah air bening dengan sendok perlahan-lahan. Kemudian jemur di sinar matahari hingga sampai kering
  7. Sari pati basah akan kering dan menjadi tepung pati. Lalu tepung pati ubi jalar diayak untuk memisahkan butiran-butiran yang bukan bagian dari tepung pati.

Tepung pati ubi jalar dikemas dengan plastik yang dipress. Tepung pati ubi jalar yang proses pengeringannya baik dapat disimpan relatif lama
Tepung ubi jalar yang sudah dikemas
Tepung ubi jalar yang sudah dikemas
Di akhir pembuatan pengolahan pangan setengah jadi tepung pati ubi jalar ujilah hasilnya dengan cara mencoba/merasakan produk yang kamu buat. Jika ada yang kurang sesuai buatlah catatan evaluasinya sebagai bahan masukkan dan bahan perbaikan nantinya. 

Info manfaat tepung ubi jalar
  • Ubi jalar mempunyai indeks glikemik yang relatif rendah dibandingkan dengan beras sehingga dapat mengendalikan kadar gula darah dan memiliki kadar serat pangan yang tinggi. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa besar efek suatu makanan yang mengandung karbohidrat dalam meningkatkan kadar gula darah setelah dimakan.
  • Tepung ubi jalar berpotensi sebagai pengganti tepung terigu, karena bahan bakunya banyak terdapat di Indonesia, dan dengan rasanya yang manis dapat mengurangi penggunaan gula pada pengolahannya.
Keselamatan kerja dalam membuat produksi tepung ubi jalar
Adapun beberapa keselamatan kerja yang perlu kalian perhatikan dalam pembuatan atau pengolahan bahan ubi jalar menjadi tepung, yaitu:
  • Gunakan celemek, ikat rambutmu jika perempuan agar tidak  ada rambut yang terjatuh pada makanan saat bekerja. Cuci tangan sebelum bekerja.
  • Ubi jalar sebelum dikupas, sebaiknya dicuci bersih jangan sampai masih ada tanah yang tertinggal.
  • Hati-hatilah dalam menggunakan pisau saat mengupas dan parutan saat memarut ubi jalar, jangan sampai terluka. 
  • Kebersihan tempat kerja dan peralatan yang digunakan pada pembuatan hendaknya diperhatikan, baik saat akan mulai memasak maupun setelah selesai memasak.
  • Bekerjasamalah yang baik antar teman.
  • Matikan kompor dengan baik saat selesai memasak

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.